Akhirussanah Offline Zetha Generation SMP IT Ihsanul Fikri Mungkid Berlangsung Meriah

Akhirussanah Offline Zetha Generation SMP IT Ihsanul Fikri Mungkid Berlangsung Meriah

AKHIRUSSANAH. Prosesi Akhirussanah SMP IT Ihsanul Fikri Mungkid Magelang akhirnya dapat digelar secara offline.(Foto: ist)-SMP IT Ihsanul Fikri Mungkid -Magelangekspres.com

MAGELANG - Setelah beberapa tahun terakhir hanya dapat diselenggarakan secara online, tahun ini Akhirussanah SMP IT Ihsanul Fikri Mungkid Magelang akhirnya dapat digelar secara offline. Angkatan 18 yang bernama Zenith Dirgantara Generation atau disingkat Zetha Gen, berkesempatan menjalani wisuda secara langsung di kompleks Pondok Pesantren Ihsanul Fikri Pabelan, Ahad (12/6/2022).

 

Kesempatan ini turut dihadiri kedua orang tua masing-masing, bahkan ada yang disemarakkan juga oleh anggota keluarga lainnya seperti adik dan nenek.

 

Sejak sebelum pukul 07.00 WIB, tamu undangan mulai berdatangan memasuki tempat acara. Diiringi nasyid dari Ihsanul Fikri Voice, hadirin diantar para guru yang bertugas menuju kursi yang telah disediakan sesuai urutan absensi kelas masing-masing.

 

Tepat pada pukul 07.30 WIB, para wisudawan dan wisudawati Zetha Generation memasuki ruangan, dan Akhirussanah Zetha Generation yang bertempat di GOR H. Asy'ari dibuka secara resmi dua MC, yakni Aylin Sarah dari kelas 8G dan Saihan Ayuri dari kelas 8H.

 

Alvarino Royhan Elfikri Zain membacakan Tasmi' hafalan ayat suci Alquran surat Al Hasyr ayat 18 sampai 24. Berikutnya, seluruh hadirin mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan Mars JSIT dan Mars SMP IT Ihsanul Fikri Mungkid, dengan dipandu oleh Ulil Albab, S.Pd selaku dirigen.

 

 Sambutan pertama disampaikan Kepala SMP IT Ihsanul Fikri Mungkid, Drs. Khanifudin Zuhri. Khanifudin mengatakan terkadang Allah menyayangi kita dengan cara yang berbeda.

 

 “Misalnya diberi sakit, diberi ujian. Begitu juga guru. Kalau guru sesekali marah pada kalian, itu adalah bentuk sayang kami kepada kalian," katanya.

 

 Sambutan yang kedua disampaikan Ketua Yayasan, Anas Azis, S.Pd, M.M. Anas berpesan agar para wisudawan tidak melupakan jasa orang tua.

 

Sambutan ketiga dari R. Sukoco selaku Dewan Pembina Yayasan Tarbiyatul Mukmin Pabelan. Sukoco menegaskan, bagi para alumni yang melanjutkan studi di JSIT, maka tradisi kecintaan kita pada Alquran ada yang mengawasi.

 

“Sementara anak yang tidak melanjutkan di JSIT, yang mendaftar di SMA negeri atau di sekolah non boarding school, maka kami harap kedekatan terhadap Alquran yang tiga tahun ini sudah jadi bagian kehidupan, kami harap jangan dibuang. Bapak ibu wali murid, mari kita hidupkan lagi tradisi ngaji bareng habis Maghrib," jelasnya.

 

 Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Aziz Amin Mujahidin, M.Pd menyampaikan petuah agar para alumni senantiasa menjaga almamater, menjaga hafalan, dan menjaga kebiasaan baik yang dipelajari selama di Ihsanul Fikri.

 

 Di sela-sela acara, banyak sekali diputarkan video-video ucapan selamat dan pesan-pesan dari alumni kepada wisudawan-wisudawati Zetha Gen.

 

 Prosesi selanjutnya adalah Wisuda Tahfiz, yang dilaksanakan tepat pada pukul 09.00 WIB. Ada dua siswa yang mendapatkan kehormatan menjalani wisuda tahfiz, yaitu Raihan Asyifa Hibatullah dan Reza Ahmad Munbaits.

 

Dalam prosesi ini, kedua wisudawan tahfiz tersebut diberi selempang kehormatan, lalu masing-masing memasangkan mahkota dan mengalungkan bunga untuk ayah dan ibunya.

 

Prosesi wisuda tahfiz ini berjalan syahdu dengan iringan nasyid Hafiz Qur'an dari Ihsanul Fikri Voice. Rangkaian acara selanjutnya adalah taujih singkat dan doa dari Ustadz Sholihin Muzahim, Lc.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com