Posisi dan Prospek Kerja Ahli Geologi dengan Gaji Menjanjikan

Posisi dan Prospek Kerja Ahli Geologi dengan Gaji Menjanjikan

Ahli geologi menjadi jenis pekerjaan impian karena akan memberikan besaran gaji yang cukup menjanjikan. (sumber: https://cvmenarik.com)-https://cvmenarik.com-https://cvmenarik.com

MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Di banyak perguruan tinggi, teknik geologi menjadi salah satu jurusan yang paling banyak diminati. Nantinya, jurusan ini memang akan melahirkan banyak ahli geologi yang bisa mengisi beragam bidang berbeda yang diperlukan.

Nah, perlu diketahui bahwa ahli geologi menjadi jenis pekerjaan impian karena akan memberikan besaran gaji yang cukup menjanjikan. Bahkan, banyak kalangan mengatakan jika gaji yang didapatkan ahli geologi cenderung lebih besar dibandingkan dengan gaji dari sebuah instansi negara.

Pada kesempatan ini akan dibahas beberapa posisi dan prospek kerja ahli geologi yang memiliki besaran gaji yang menjanjikan. Penasaran? Silakan simak penjelasannya pada artikel ini!

Anda juga tidak boleh melewatkan info lengkap terkait CV menarik bagi ahli geologi pada tautan tersebut. Sehingga, CV yang Anda ajukan akan lebih mudah dilirik oleh HRD.

Ragam Posisi dan Prospek Kerja Ahli Geologi

Seperti yang disinggung sebelumnya, ahli geologi nantinya bisa mengisi beberapa jabatan tertentu yang berbeda-beda. Hal ini dikarenakan ahli geologi memiliki beragam keterampilan yang bisa digunakan di beragam posisi.

Nah, adapun beragam posisi dan prospek kerja lulusan teknik geologi yang tentu memiliki gambaran gaji yang besar adalah sebagai berikut:

1.   Bekerja di perusahaan minyak

Menjadi pekerja di perusahaan minyak adalah salah satu prospek seorang ahli geologi. Memang, opsi pertama ini termasuk salah satu pekerjaan yang mainstream bagi ahli geologi. Hanya saja, besaran gaji yang besar menjadi salah satu alasan kenapa bekerja di perusahaan minyak senantiasa menarik hati.

Perlu dipahami bahwa saat ini minyak masih menjadi sumber energi utama untuk beragam transportasi. Oleh karenanya, bisnis yang satu ini merupakan bisnis kesinambungan yang akan terus diminati.

Selain itu, pengelolaan sumber minyak pun harus dilakukan secara khusus. Dalam hal ini, dengan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki, ahli geologi bisa diandalkan untuk turut dalam pengelolaan tersebut.

   2.   Bekerja di perusahaan tambang

Selain perusahaan minyak, perusahaan tambang juga bisa menjadi pelabuhan lanjutan bagi seorang ahli geologi untuk meniti karier. Pasalnya, dunia geologi dan juga pertambangan adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. 

Di Indonesia, ada cukup banyak perusahaan tambang yang beroperasi dan memerlukan sumbangsih dari para ahli geologi untuk melakukan penambangan yang efektif dan juga efisien. Salah satu contoh perusahaan tambang terbesar adalah PT Freeport. Tentu, seorang ahli geologi akan mendapatkan gaji hingga puluhan juta jika bekerja di perusahaan tambang tersebut.

    3.   Menjadi dosen teknik

Jika Anda merupakan lulusan teknik geologi dan memiliki minat mengajar yang tinggi dan tertarik dengan dunia akademis, maka Anda bisa menjadi seorang dosen teknik. Prospek kerja yang satu ini cukup tinggi seiring minat pelajar menjadi mahasiswa jurusan teknik geologi cenderung meningkat.

Nah, dengan menjadi seorang dosen teknik, terutama geologi, Anda bisa membagikan ilmu dan pengetahuan yang dimiliki kepada para mahasiswa. Hanya saja, tentu, untuk menjadi seorang dosen, Anda perlu setidaknya menyelesaikan studi hingga tingkat pasca sarjana atau S2.

Lalu, bagaimana dengan gaji seorang dosen?

Memang, besaran gaji dosen tidak setinggi ahli geologi yang bekerja di industri minyak dan tambang. Hanya saja, jika dilihat, gaji seorang dosen teknik tetap saja menjanjikan.

   4.   Menjadi kontraktor

Prospek kerja lain yang menarik bagi seorang ahli geologi adalah menjadi kontraktor. Memang, secara umum, kontraktor berhubungan dengan konstruksi. Hanya saja, konstruksi sendiri sebenarnya memiliki korelasi dengan geologi. 

Dalam sebuah perencanaan pembangunan suatu gedung, misalnya, faktor geologi akan menjadi salah satu pertimbangan sebelum membuat konstruksi yang kuat. Oleh karenanya, berbekal pengetahuan yang dimiliki, seorang ahli geologi bisa menjadi seorang kontraktor yang andal dan bisa dipercaya. Tentu, gaji seorang kontraktor juga cukup besar. 

   5.   Bekerja di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI merupakan lembaga yang akan melakukan beragam penelitian tentang banyak hal di wilayah Indonesia, termasuk urusan geologi. Nah, dengan bekerja di LIPI, Anda bisa melakukan penelitian geologi untuk wilayah tertentu yang output dari penelitian tersebut adalah saran berkenaan dengan tata kelola wilayah atau lainnya.

Misalnya saja, Anda melakukan penelitian kondisi tanah di wilayah X. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa wilayah X tersebut memiliki kontur tanah yang labil dan rawan sinkhole sehingga tidak cocok untuk pemukiman. Nah, pekerjaan seperti ini tentu saja merupakan salah satu domain dari seorang ahli geologi.

Perlu diketahui bahwa LIPI sendiri merupakan lembaga yang berada di bawah Kementerian Pusat. Oleh karenanya, gaji yang ditawarkan pun tergolong cukup besar.

Beberapa hal di atas adalah ragam posisi dan juga prospek ahli geologi yang menawarkan gaji menjanjikan. Tentu, masih banyak posisi yang bisa diisi oleh ahli geologi untuk melanjutkan karier, seperti menjadi pengembang pemukiman, bekerja di kementerian terkait dan lainnya.

Dengan banyaknya jenis pekerjaan yang bisa diisi. tentu menjadi ahli geologi bisa dijadikan cita-cita yang menarik. Apakah Anda sependapat?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://cvmenarik.com