Atraksi Bela Diri Militer dan Pentas Kesenian Rakyat di Wonosobo Disambut Meriah

Atraksi Bela Diri Militer dan Pentas Kesenian Rakyat di Wonosobo Disambut Meriah

ATRAKSI. Memperingati HUT ke 77 TNI, Kodim 0707 Wonosobo gelar atraksi bela diri dan pentas seni di Alun-alun Wonosobo.(foto : Agus Supriyadi/Wonosobo ekspres)--Magelangekspres.com

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID- Memperingati HUT ke 77 TNI, Kodim 0707 Wonosobo gelar atraksi bela diri dan pentas seni di Alun-alun Wonosobo. Kegiatan tersebut disambut meriah warga Wonosobo yang membanjiri ruang publik terbesar di pusat kota Wonosobo.

“Atraksi bela diri militer dipamerkan untuk memeriahkan peringatan HUT TNI ke 77 tahun 2022. Kegiatan ini untuk memberikan hiburan dan juga mendekatkan TNI dengan rakyat,” ungkap koordinator kegiatan, Sersan Suradiyono.

Menurunnya, atraksi diikuti oleh prajurit Kodim 0707/Wonosobo yang sebagian besar sudah berumur.  Akan tetapi untuk tampil menunjukkan keahliannya tidak kalah dengan prajurit yang ada di Batalyon.

“Itu semua berkat adanya latihan yang selalu dilaksanakan dengan terus menerus secara berjenjang dan berkelanjutan,” katanya.

Dengan  usianya prajurit yang rata -rata di atas 40 tahunan, mereka masih bisa atraksi menunjukkan kebolehannya dengan memecahkan bata ringan, mematahkan besi, loncat dalam api dan  gerakan bela diri seperti pertarungan, serta  gerakan bersama – sama.

“Itu semua kami persembahkan kepada masyarakat Wonosobo sebagai hadiah dari Kodim untuk menghibur masyarakat.  Dan juga sebagai sarana meningkatkan kemampuan para anggota Kodim. Dengan adanya event seperti ini membuat para anggota menjadi lebih semangat dalam latihan,” ucapnya.

Selain gelar aksi bela diri militer, Kodim 0707/Wonosobo menggelar hiburan kepada masyarakat dengan menampilkan kesenian tradisional. Yaitu, Lengger dari Njanti Selomerto, Ndolalak dari Capar Jlamprang Leksono, dan Rewo – Rewo dari Pecekelan, Sapuran.

Koordinator Kesenian, Lettu CPL Tulus Widodo mengemukakan, kegiatan pentas kesenian ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT TNI.  Ini sudah menjadi tradisi setiap tahunnya. Usai gelar upacara maka dilanjutkan hiburan untuk masyarakat berupa kesenian tradisional.

Dari pagelaran hiburan kesenian tradisional untuk memeriahkan HUT, serta melestarikan budaya bangsa.  Diharapkan generasi muda tahu dan mengerti bahwa masyarakat Wonosobo memiliki banyak kesenian yang sangat menarik dan unik.

“Dengan adanya hiburan ini maka masyarakat menjadi terhibur, perekonomian jalan sebab banyak orang yang menonton. Sehingga membawa efek positif bagi kesejahteraan,” pungkasnya. (gus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com