Rawat Sinergitas, Pemkab Wonosobo dan TNI Senantiasa Hadir Bagi Masyarakat

Rawat Sinergitas, Pemkab Wonosobo dan TNI Senantiasa Hadir Bagi Masyarakat

SINERGITAS. Pemerintah Kabupaten Wonosobo terus merawat sinergitas bersama TNI di berbagai bidang untuk mewujudkan Kabupaten Wonosobo yang lebih maju.(foto : Agus Supriyadi/Wonosobo ekspres)--Magelangekspres.com

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID  - Pemerintah Kabupaten Wonosobo terus merawat sinergitas bersama TNI di berbagai bidang untuk mewujudkan Kabupaten Wonosobo yang lebih maju. Sinergitas tersebut terbentuk di berbagai sektor.

Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat, mengatakan Pemerintah Kabupaten bersama TNI terus bersinergi dalam berbagai sektor. Utamanya dalam menangani persoalan pandemi 2 tahun belakangan ini. Sinergitas juga terlihat dalam berbagai kegiatan yang bersifat rutin seperti TMMD dan program lainnya.

“Sinergitas, kerjasama dan juga koordinasi terus dilakukan, sehingga hubungan terjalin dengan baik,” ungkapnya.

Menurutnya, peran TNI dalam membantu proses pembangunan di Kabupaten Wonosobo sangat jelas terasa. Baik itu program fisik maupun program non fisik. TNI hadir di masyarakat desa melalui program TMMD, membantu membuka akses jalan ekonomi, baik untuk sektor wisata maupun pertanian.

“Hampir setiap tahun, program tersebut bisa sampai tiga kali. Artinya ada 3 desa yang terbantu oleh program TMMD, banyak kades dan masyarakat berterima kasih karena jalan yang selama ini didambakan bisa terwujud,” katanya.

Meski pembangunan jalan masih bersifat dasar, yaitu rolak atau makadam, tetapi hal tersebut membuka proses pembangunan jalan kedepan. Sehingga ketika dilakukan pembangunan tidak dari titik nol, tapi sudah separuh jalan.

“Jalan rolak rata-rata sepanjang 1 kilometer dan itu benar benar bermanfaat bagi warga, dalam proses gotong royong pembangunan jalan juga melibatkan warga desa, sehingga terjalin hubungan silaturahmi yang lebih kuat,” tandasnya.

Proses pembangunan fisik dalam program TMMD tidak hanya membanguna jalan, namun juga pos kampling perbaikan senderan dan juga saluran air atau drainase, sesuai dengan kebutuhan masyarakat di desa.

“Pembangunan dalam program TMMD selalu berkualitas baik dan juga hemat, itu alasan desa menyambut gembira jika program TMMD berada di desa mereka,” ucapnya.

Selain TMMD, program yang lain, TNI juga aktif dalam berbagai kegiatan bidang kesehatan, seperti KB Kesehatan dan juga program sanitasi berbasis lingkungan. Anggota TNI terjun langsung mendorong peningkatan kegiatan KB di masyarakat, sehingga ada peningkatan jumlah akseptor KB di Wonosobo.

“Sedangkan untuk sanitasi berbasis lingkungan, TNI terjun langsung melakukan sosialisasi ke masyarakat bahkan ikut membangun septic tank,” katanya.

TNI juga aktif mempromosikan kegiatan kegiatan pemerintah di berbagai bidang, seperti program pertanian, dan ketahanan masyarakat. Program UMKM dan penanggulangan bencana dengan OPD terkait.

“Di momentum  hari ulang tahun TNI yang ke 77, kita berharap sinergitas antara Pemkab dengan TNI di Wonosobo senantiasa terus terjaga, untuk hadir bagi masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Dandim 0707 Wonosobo, Letkol Inf Rahmat mengatakan tugas TNI selain sebagai pertahanan negara juga membantu program pemerintah. Di tingkat kabupaten TNI akan bersinergi dan menjalin kerjasama serta menyukseskan program yang sedang dijalankan oleh pemerintah kabupaten.

“Untuk program rutin yang sudah jalan dan sinergi dengan pemerintah daerah diantaranya TMMD. Kami berkolaborasi secara apik meningkatkan kualitas fisik di desa serta kegiatan non fisik untuk memajukan desa,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com