310 Angkot di Kota Magelang Segera Terima Kupon 40 Liter BBM

310 Angkot di Kota Magelang Segera Terima Kupon 40 Liter BBM

BANTUAN. Pemkot Magelang dalam waktu dekat akan mendistribusikan bantuan 40 liter BBM pertalite kepada 310 armada angkutan umum dan angkutan perbatasan di wilayah setempat.(foto : ika zahara/magelang ekspres)--Magelangekspres.com

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Pemkot Magelang segera akan menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) kepada seluruh awak angkutan umum kota (angkot) di wilayah setempat.

Realisasi penyaluran bantuan berupa kupon BBM jenis pertalite ini dilakukan setelah APBD Perubahan tahun 2022 Kota Magelang diundangkan.

Kabid Angkutan dan Sarana Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Magelang, Petrus Chanel mengatakan, kemungkinan bantuan akan cair pada akhir bulan Oktober. Sebab sejauh ini pihaknya masih menunggu APBD Perubahan 2022 Kota Magelang diundangkan.

"Bantuan langsung tunai yang diberikan kepada armada angkutan tidak berlaku bagi semua kendaraan angkutan umum di Kota Magelang dan tidak juga berupa uang. Akan tetapi berdasarkan pada hasil yang telah kami awasi, dan nantinya akan diberikan kupon pengisian BBM pertalite," kata Petrus, kepada wartawan, Selasa 18 Oktober 2022.

Ia menyebutkan di Kota Magelang terdapat 335 armada angkutan umum kota dan angkutan perbatasan. Dari sekian itu, hanya 310 armada saja yang bakal menerima kupon BBM.

"Sudah kami hitung dan jumlah total calon penerima BLT kupon ada 310 armada saja. Masing-masing diberikan 40 liter berupa kupon gratis pengisian pertalite di SPBU yang kami tunjuk," ujarnya.

Dia mengakui bahwa ke-310 armada ini telah lolos seleksi. Beberapa kriteria yang wajib dipenuhi armada angkot untuk dapat menerima bantuan itu antara lain, masih beroperasi aktif, rutin uji KIR dengan tertib, hingga kelengkapan kendaraan.

"Jadi memang ada 25 armada yang di data kami tidak aktif, sehingga tidak bisa menerima bantuan ini," tandasnya.

Selain bantuan kupon gratis BBM, pihaknya juga berencana memberikan oli gratis. Jarak waktu antara kedua bantuan ini tidak terlalu lama.

"Hampir berbarengan antara pemberian oli gratis dengan pemberian bantuan BBM. Bantuan ini ditujukan kepada armada angkutan umum, bukan kepada sopirnya," pungkasnya. (wid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com