Penggemar Game Online Diarahkan ke Jalur Prestasi, PBESI Purworejo Beri Fasilitasi Kompetisi

Penggemar Game Online Diarahkan ke Jalur Prestasi, PBESI Purworejo Beri Fasilitasi Kompetisi

FOKUS. Sejumlah penggemar game online tampak fokus ssat bertanding dalam Kejurkab E-Sport Purworejo di Ganesha Convention Hall, kemarin.(foto : Eko Sutopo/Purworejo Ekspres) --Magelangekspres.com

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID – Ratusan pelajar dan mahasiswa penggemar game online di Kabupaten Purworejo diarahkan untuk dapat menyalurkan hobinya tersebut ke jalur prestasi. Hal itu dilakukan oleh Pengurus Besar E-sport Indonesia (PBESI) Kabupaten Purworejo dengan memberikan fasilitasi untuk menyikapi tingginya peminat game online di kalangan remaja.

Fasilitasi yang diberikan berupa Kejuaraan Kabupaten (Kejurkab) E-Sport Purworejo yang digelar di Ganesha Convention Hall pada Sabtu-Minggu (5-6/11).  Dalam kompetisi itu, sekitar 300 atlet dari kalangan pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum bersaing untuk mendapatkan 2 tiket kejuaraan tingkat provinsi yang akan dilaksanakan di Solo Jateng pada 27 November 2022 mendatang.

Ketua Harian PBESI Purworejo selaku Ketua Penyelenggara Kejurkab, Gitalin Krista Nugroho, menyebut  kompetisi kali ini dihelat dalam rangka menjaring atlet terbaik yang akan didelegasikan ke tingkat lebih tinggi.

"Selain itu, kita berkomitmen untuk mengembangkan Cabor ini sebagai upaya untuk mengarahkan para atlet ke jalur prestasi," sebutnya. 
Menurut Gita, peminatnya e-sport di Kabupaten Purworejo cukup tinggi. Hal itu terlihat dari munculnya sebanyak 36 tim free fire dan 28 tim mobile legend dalam kejuaraan kali ini.

"Lebih kurang 300 atlet bertanding dan memperebutkan total hadiah sebanyak Rp9 juta," katanya.

Kejuaraan kali ini merupakan yang keempat kalinya digelar. kejurkab E-Sport Purworejo hanya mempertandingkan 2 cabang game online, yakni cabang free fire dan mobile legend.

"Sebelumnya ada Bupati Cup, DPRD Cup, Kemenpora Cup dan sekarang Kejurkab," jelasnya.

Sementara itu, Ketua KONI Kabupaten Purworejo, Sumaryanto, mengungkapkan bahwa sebagai Cabor baru, e-sport punya gebrakan yang cukup baik. E-sport merupakan bidang olahraga yang menjembatani para atlet untuk mengembangkan game online sebagai sesuatu yang kompetitif.
Bukan sekadar bermain game, melainkan juga menjadi bidang olahraga yang mempunyai organisasi untuk mengembangkan bakat seperti atlet olahraga pada umumnya.

"Di Purworejo e-sport saat ini sudah masuk KONI. Hasil dari kejuaraan ini akan dipersiapkan untuk menghadapi Kejurprov. Harapannya para juara nantinya mampu bersaing dan berprestasi saat daerah lain," ungkapnya. (top)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com