Hari Kesehatan Nasional 2022, Bio Farma Apresiasi Kunjungan 250 Tenaga Kesehatan Teladan

Hari Kesehatan Nasional 2022, Bio Farma Apresiasi Kunjungan 250 Tenaga Kesehatan Teladan

Bio Farma Apresiasi Kunjungan 250 Tenaga Kesehatan Teladan pada Hari Kesehatan Nasional 2022--

Vaksin Bio Farma terbaru yaitu IndoVac, akan segera menjadi vaksin dosis booster, pasca diterbitkannya Ijin Penggunaan Darurat (EUA) Booster dari Badan POM pada tanggal 3 November 2022 yang lalu. Dengan didapatkannya EUA ini, IndoVac menjadi vaksin produksi dalam negeri pertama yang memperoleh EUA dan menjadi vaksin booster ketujuh yang dapat dipergunakan di Indonesia. 

Honesti Basyir menyampaikan, untuk vaksin booster ini Bio Farma setidaknya sudah  mempersiapkan kapasitas produksi sebanyak dua puluh juta dosis, yang akan dibuat di fasilitas produksi Bio Farma, “Kami sudah menyiapkan produksi vaksin IndoVac ini, dari mulai bahan baku dan bahan pendukungnya, dari total dua puluh juta dosis, setidaknya lima juta dosis akan siap dalam waktu dekat”, ungkap Honesti.

Berdasarkan EUA yang ditandatangani oleh Kepala Badan POM RI Penny K Lukito, dijelaskan bahwa Vaksin IndoVac dosis booster akan digunakan untuk masyarakat usia 18 tahun ke atas yang mendapatkan vaksin primer Sinovac (booster heterolog).

Secara paralel, vaksin yang mengandung Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) IndoVac sebesar 90,3% merupakan vaksin Covid-19 pertama buatan dalam negeri yang merupakan hasil kolaborasi Bio Farma dengan Baylor College of Medicine dari US, sedang melakukan uji klinis vaksin IndoVac Covid-19 untuk anak-anak pada 6 Oktober 2022, dan diperkirakan EUA untuk vaksin untuk anak-anak akan dirilis pada awal Desember 2022. 

 “Setelah didapatkan ijin penggunaan darurat untuk - anak, maka vaksin Indovac dapat digunakan untuk jangkauan usia yang lebih luas”, tutup Honesti.(rls)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: