83.513 KPM di Temanggung Terima Bansos

83.513 KPM di Temanggung Terima Bansos

TERTIB. Sejumlah penerima bantuan terlihat tertib menunggu giliran penyaluran bantuan, kemarin.(Foto: Setyo wuwuh/temanggung ekspres)--Magelangekspres.com

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Tiga bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat kurang mampu di Kabupaten Temanggung telah mulai disalurkan di akhir pekan kemarin.

Bantuan ini diharapkan bisa memberi manfaat bagi masyarakat kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan pokok.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Temanggung Prasodjo menyebutkan, tiga program bantuan sosial tersebut yakni bantuan langsung tunai (BLT) kenaikan BBM, Bantuan Pangan Non Tunai/Sembako, dan Program Keluarga Harapan (PKH).

"Data penerima bantuan tersebut sudah dilakukan verifikasi sebelumnya," terangnya saat menyerahkan bantuan, akhir pekan kemarin.
Dikatakan, bantuan tersebut disalurkan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) di 20 kecamatan yang ada di Temanggung. Penyaluran bantuan sendiri mulai tanggal 23 November 2022 dan berakhir tanggal 30 November 2022.
Disebutkan, bansos ini diperuntukkan bagi 83.513 KPM di seluruh Kabupaten Temanggung yang bersumber dari DTKS (Daftar Terpadu Kesejahteraan Sosial) dari Kemensos RI, dengan jumlah total Rp102.748.950.000.
"Penyaluran bantuan ini bekerja sama dengan PT Pos Indonesia Temanggung, teknis penyaluran bantuan sudah ditangani langsung oleh PT Pos nya," katanya.

Dirinciakan untuk BLT BBM selama dua bulan, masing-masing per KPM Rp150 ribu jadi mendapatkan Rp300 ribu. BPNT/Sembako diberikan Oktober, November, Desember masing-masing per KPM 200 ribu jadi mendapatkan Rp600 ribu, dan bantuan PKH tergantung komponen masing-masing. Misalnya anak balita, ibu hamil/menyusui, dan lansia, diberikan di seluruh Indonesia melalui PT Pos Indonesia.

"Bantuan ini bisa semakin memperingan KPM, bantuan ini dimanfaatkan sebagaimana mestinya tujuan disalurkan bantuan," harapnya. (set)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com