DBHCHT Wonosobo Tahun 2022 Tembus Rp 20 Miliar, Berikut Perincian Penggunaannya

 DBHCHT Wonosobo Tahun 2022 Tembus Rp 20 Miliar, Berikut Perincian Penggunaannya

SOSIALISASI. Acara Sosialisasi Ketentuan Dibidang Cukai Serta Edukasi Literasi Keuangan Bagi Masyarakat Pedagang Rokok di Aula Kecamatan Kertek Wonosobo.(foto : Agus Supriyadi/Wonosobo ekspres)--Magelangekspres.com

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES.ID- Pada tahun 2022, Kabupaten Wonosobo mendapatkan alokasi DBHCHT sebesar Rp13,5 miliar lebih dengan SILPA atau sisa pagu sampai tahun 2021 sebesar Rp6,7 miliar lebih.  Sehingga, angka ketersediaan anggaran DBHCHT Wonosobo 2022 tembus pada angka Rp20,3 miliar.

“Tahun 2022, total DBHCHT 20 miliar lebih, terdiri dari alokasi tahun ini sebesar Rp13 miliar lebih ditambah silpa tahun 2021 sebesar Rp 6,7 miliar,” ungkap  Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Wonosobo Khristiana Dewi.

Hal itu disampaikan saat acara Sosialisasi Ketentuan Dibidang Cukai Serta Edukasi Literasi Keuangan Bagi Masyarakat Pedagang Rokok di di Aula Kecamatan Kertek Wonosobo, kemarin.

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat, jajaran Forkompimca Kertek, Bagian Perekonomian Setda Wonosobo, OPD terkait dan Perwakilan Pedagang Pasar Kertek.

Menurutnya, terkait penggunaan Dana Bagi Hasil  Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT), Dhewi menjelaskan, alokasi DBHCHT sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK), penggunaannya 50% untuk bidang kesejahteraan masyarakat dalam bentuk bantuan langsung tunai 30%, dan program peningkatan kualitas BB serta peningkatan keterampilan kerja 20%. Selebihnya, 10% digunakan untuk  penegakan hukum dan 40% untuk bidang kesehatan.

“Sebagaimana diatur dalam PMK 215/PMK.07/2021 bahwa DBHCHT tahun anggaran 2022 dialokasikan sebesar 10% untuk bidang penegakan hukum, 40% bidang kesehatan, dan 50% bidang kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Sedangkan kegiatan sosialisasi dan edukasi literasi keuangan menyasar masyarakat dan pedagang rokok di 5 wilayah kecamatan yakni, Kertek, Sapuran, Kepil, Kejajar, dan Garung, yang terdiri dari 500 orang unsur masyarakat dan 100 orang unsur pedagang.

“Kami ingin memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat terutama pedagang rokok tentang barang-barang yang dikenai cukai barang hasil tembakau, sehingga mereka dapat membedakan antara pita cukai asli dan palsu, sebagai upaya memberantas peredaran rokok ilegal di masyarakat,” katanya.

Pihaknya juga ingin memberikan wawasan tentang lembaga keuangan yang resmi dan aman, serta memiliki Program Kredit Usaha Rakyat Daerah yang murah bunganya.

Sementara itu, Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat dalam sambutan arahannya menegaskan, penggunaan dana bagi hasil cukai hasil tembakau sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan, untuk bisa ditaati dan dipatuhi sebagaimana regulasi yang ada.

“Penggunaan dana ini sudah diatur sedemikian rupa misalnya administrasi terpenuhi sehingga tidak ada satupun yang melanggar prosedur, saya minta perangkat daerah patuh terhadap regulasi uang ada sehingga manfaatnya sampai kepada masyarakat,” tegasnya.

Terkait permodalan, Afif berharap, pedagang tak terpengaruh dan terjerat dengan pinjaman online maupun pinjaman bodong, sebab sudah banyak korban yang terjebak sehingga harus menanggung kerugian besar. (gus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com