Catat! Pemkot Magelang Masih akan Berikan Bansos Tahun 2023

Catat! Pemkot Magelang Masih akan Berikan Bansos Tahun 2023

STABIL. Harga komoditas pokok di sejumlah pasar tradisional di Kota Magelang hingga saat ini masih stabil, meski ada ancaman resesi ekonomi.(foto : wiwid arif/magelang ekspres)--magelang ekspres

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Di tahun 2023 ini, Pemkot Magelang masih akan mengalokasikan bantuan jaring pengaman sosial (JPS) yang berasal dari APBD. Bantuan sosial (Bansos) ini akan diberikan kepada masyarakat yang tidak tercover bantuan dari pemerintah pusat.

Asisten Bagian Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Magelang, Chrisatrya Yonas Nusantrawan Bolla mengatakan, penyaluran bansos menjadi salah satu instrumen mengatasi ancaman resesi ekonomi tahun ini.

Dia mengakui jika banyak pengamat ekonomi yang memprediksi pada tahun 2023 akan terjadi pelambatan pertumbuhan ekonomi. Hal itu yang melatarbelakangi Pemkot Magelang mengambil ancang-ancang guna mencegah tingkat kefatalan resesi ekonomi.

Menurut mantan Kepala DPUPR Kota Magelang ini, prediksi resesi ekonomi cukup realistis mengingat berbagai masalah yang mulai muncul di awal tahun ini.

Salah satunya adalah penurunan permintaan produk ekspor, penurunan beberapa harga komoditas, kenaikan suku bunga di negara-negara maju, hingga depresiasi rupiah dan pelambatan pertumbuhan ekonomi pasca-pandemi Covid-19.

Meski demikian Kota Magelang, katanya, cukup diuntungkan karena angka pengangguran dan kemiskinan yang konsisten menurun setiap tahunnya. Ditambah, program pemulihan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat yang terbilang sukses dilakukan pemerintah menjadi faktor penentu kekuatan ekonomi secara makro menghadapi ancaman resesi ekonomi tahun ini.

“Kita cukup diuntungkan dengan berkurangnya pengangguran karena banyaknya wirausahawan baru, juga pengurangan angka kemiskinan setiap tahunnya, karena program-program yang tepat sasaran,” ujarnya.

Yonas mengatakan, jika bantuan sosial dan jaring pengaman sosial masih diberikan tahun ini, maka kemungkinan terjadi dampak negatif resesi ekonomi masyarakat Kota Magelang bisa diminimalisir.

Pasalnya, dengan begitu Kota Magelang tidak akan terjadi penurunan daya beli masyarakat. Seiring sejalan, ekonomi pasar pun akan tetap stabil.

“Itu yang kita harapkan, bersama dengan program-program pemberdayaan masyarakat sesuai visi Walikota Magelang maka kemungkinan dampak buruk resesi ekonomi bisa dicegah,” tandasnya. (wid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com