Hari Jadi ke-1117 Kota Magelang Kian Meriah Dapat Sokongan DBHCHT 2023

Hari Jadi ke-1117 Kota Magelang Kian Meriah Dapat Sokongan DBHCHT 2023

Bea Cukai Magelang dan Kepala UPT Sport Center, Gelora Sanden, Bayu Saputro memberikan keterangan kepada wartawan soal rencana GRI Fun Fest 2023 Minggu 30 April mendatang.-FOTO : LARASATI PUTRI/MAGELANG EKSPRES-

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Kota Magelang kembali menerima alokasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2023.

Dilansir dari Peraturan Kementerian Keuangan (PMK) No 3/PMK.07/2023 tentang Rincian Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau Menurut Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota Tahun Anggaran 2023, kota seluas 18,54 kilometer persegi ini mendapatkan DBHCHT sebesar Rp11.839.146.000.

Dana itu cukup besar, meskipun Kota Magelang sejatinya bukan daerah pertanian tembakau. Namun demikian, di daerah dengan tiga kecamatan ini termasuk penghasil rokok. Setidaknya ada satu pabrik rokok di Kota Magelang.

Sesuai dengan PMK terbaru tersebut, maka daerah yang mendapatkan DBHCHT wajib untuk mengembalikan lagi kepada masyarakat.

Pengembalian itu meliputi berbagai bidang, seperti kesehatan, kesejahteraan rakyat, penegakkan hukum, sosialisasi bidang cukai, dan lainnya.

Khusus soal sosialisasi bidang cukai, Kantor Bea Cukai Magelang memilih untuk memberikan hiburan kepada masyarakat Magelang dan sekitarnya melalui acara Gempur Rokok Ilegal (GRI) Fun and Fest 2023 yang dipusatkan di Sport Center, Gelora Sanden Kota Magelang, Minggu, 30 April 2023.

Kepala UPT Sport Center Kota Magelang, Bayu Saputro mengatakan, akan ada berbagai penampilan spektakuler untuk menghibur masyarakat di event perdana sejak pandemi Covid-19 ini.

GRI Fun & Fest 2023 ini akan menghadirkan sejumlah musisi lokal dan regional yang siap menunjukkan skill bermusiknya kepada para penonton bertajuk Musik Senja Berdansa.

BACA JUGA:Jangan Lewatkan GRI Fun & Fest, 30 April 2023 di Gelora Sanden

Di segmen ini masyarakat bakal disuguhkan orkestra dari Stradivari. Termasuk juga penampilan grup musik lokal antara lain Kawan Lama Ben dan Lapiezt Legiet.

"Musik Senja Berdansa dimulai sore hari sekitar pukul 15.00 sampai petang. Kemudian dilanjutkan sesi kedua di malam hari dengan penampilan Centurion Band dan Stradivari Orchestra. Sesi ini dimulai pukul 19.00," ujarnya.

Bayu menjelaskan, alasan pemilihan acara hiburan masyarakat untuk sosialisasi Gempur Rokok Ilegal tahun ini karena dana dari Bea Cukai Magelang ini bakal dimanfaatkan guna meningkatkan kesadaran masyarakat. Terutama agar masyarakat menjauhi rokok ilegal yang beredar di pasaran.

"Kami melakukan pendekatan secara persuasif dengan menghadirkan konser musik dengan gaya anak muda hingga semua kalangan. Tahun ini, kami buat acara yang menarik dengan line up yang fresh juga, harapannya dengan tipe sosialisasi seperti ini akan lebih mudah diterima masyarakat,” katanya.

BACA JUGA:Yuk! Ikuti Lomba Mewarnai GRI Fun & Fest, Hadiahnya Jutaan Lho

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres