Kalah 1-2 dari Indonesia, Keisuke Honda Mundur dari Kursi Pelatih Kamboja

Kalah 1-2 dari Indonesia, Keisuke Honda Mundur dari Kursi Pelatih Kamboja

Kekalahan Timnas Kamboja di SEA Games 2023 menjadi laga terakhir Keisuke Honda-FOTO : INSTAGRAM KEISUKE HONDA-ISTIMEWA

JAKARTA, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Pelatih Timnas Kamboja, Keisuke Honda resmi mundur dari kursi pelatih pada Kamis, 11 Mei 2023, usai timnya tersingkir di laga akhir Grup A SEA Games 2023.

Legenda sepak bola Jepang tersebut mengundurkan diri setelah gagal mengantarkan Timnas Kamboja melaju ke babak semifinal SEA Games 2023 usai dilibas Timnas Indonesia dengan skor 1-2.

Kekalahan ini membuat Kamboja tersingkir dan finis di peringkat ketiga klasemen dengan torehan empat poin.

BACA JUGA:Link Streaming dan Prediksi Skor Timnas U-22 Indonesia vs Vietnam SEA Games 2023

"Sebuah proyek di Kamboja yang dimulai pada 2018 telah berakhir. Saya tidak bisa memberi hasil yang memuaskan pada turnamen terakhir, tetapi saya tidak mau frustasi karena hal itu," tulis Honda di akun twitter pribadinya, Kamis lalu.

Sebagaimana diketahui, pada tahun 2018 lalu, Keisuke Honda datang ke sepak bola Kamboja sebagai direktur teknik saat masih menjadi pemain.

Di bawah bantuan Honda, Kamboja mencapai semifinal SEA Games untuk pertama kalinya pada 2019, namun kalah 0-4 dari Vietnam.

BACA JUGA:Sayang Banget, Dua Tim Futsal di Kota Magelang Didiskualifikasi karena Ulah Pendukungnya Sendiri

Baru saat pensiun pada tahun 2021, Honda langsung menjadi pelatih. Ia dan timnya tersingkir dari babak penyisihan grup SEA Games ke-31 di Vietnam, namun tetap dicintai fans.

Sebelumnya, pada Piala AFF 2022, meskipun Kamboja tidak lolos fase grup, Federasi Sepak Bola Kamboja mengumumkan bahwa pelatih Honda hanya memimpin tim U-22 untuk berlaga di SEA Games ke 32.

Akan tetapi, posisi legenda timnas Jepang itu pun harus berakhir di SEA Games 2023. Hal itu lantaran, hasil laga jauh dari target Honda yang diharuskan membawa Kamboja lolos di posisi semi-final.

BACA JUGA:Prakerja Gelombang 52 Dibuka, Cek Nama Kamu Lolos Dapat Rp700 Ribu

Pertandingan tersebut menjadi laga terakhir Honda bersama Kamboja. Sebagai salam perpisahan, Honda memberikan beberapa pesan menyentuh untuk perkembangan sepak bola Kamboja di masa depan.

"Pemain Kamboja harus tahu apa yang akan mereka lakukan, jadi saya akan menantikan mereka di masa depan. Terima kasih kepada semua yang sudah mendukung kami selama 5 tahun," ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres