Seleksi Sekda Kota Magelang, Muh Harjadi : Ingat Jangan Pakai Isu SARA

Seleksi Sekda Kota Magelang, Muh Harjadi : Ingat Jangan Pakai Isu SARA

Anggota Komisi C DPRD Kota Magelang, Muh Harjadi alias Pakde Bugel-FOTO : WIWID ARIF/MAGELANG EKSPRES-

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Kalangan legislasi merespons lambatnya rekomendasi Tim Panitia Seleksi (Pansel) calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Magelang. Padahal, posisi jabatan sekda definitif sangat dibutuhkan, karena peran krusialnya terhadap jalannya roda pemerintah di Pemkot Magelang.

Respons tersebut datang dari Anggota Komisi C DPRD Kota Magelang, Muh Harjadi.

Pria yang karib disapa Pakde Bugel tersebut mengkritik kinerja Tim Pansel yang diketuai Rektor UNIMMA, Lilik Andriyani.

"Selama ini seleksi calon sekda dari pansel cenderung tertutup. Kita bahkan tidak mengetahui progres maupun tahapan-tahapannya seperti apa," kata Bugel kepada wartawan, Kamis, 25 Mei 2023.

Politisi Golkar tersebut menilai, keterbukaan menjadi syarat mutlak tim pansel sebelum mengeluarkan pengumuman kepada masyarakat.

BACA JUGA:Inilah 3 Kandidat Calon Sekda Kota Magelang

"Padahal kita ini ikut serta sebagai penyelenggara dan pemerintah daerah. Seharusnya dilapori dong secara kontinyu, ini tahapannya sampai mana, terus apa saja indikator penilaiannya," ungkapnya.

Namun, tim pansel, kata Bugel, sejauh ini sangat tertutup dan tidak transparan. Hal ini justru menimbulkan polemik dan argumentasi liar di kalangan masyarakat.

"Kami saja yang di dewan bertanya-tanya, ini sampai mana, kok tidak ada kejelasan. Apalagi masyarakat. Malah ada masyarakat yang tanya ke saya, 'Pakde progres calon sekda sudah sampai mana?' tapi saya tidak bisa jelaskan apa-apa," ungkapnya.

Secara tiba-tiba, pada Kamis, 25 Mei 2023 tim pansel baru mengumumkan ketiga kandidat calon Sekda Kota Magelang.

Tadinya kandidaat yang berpeluang berjumlah 9 orang. Lalu mengerucut ke 5 kandidat pendaftar. Terakhir, Tim Pansel menjatuhkan tiga nama sebagai rekomendasi calon sekda.

"Meskipun Anda dimintai tolong menjadi pansel, tapi seharusnya anggota DPRD berhak untuk tahu. Karena Sekda itu kan posisinya adalah orang nomor satu di lingkungan birokrasi, yang nanti juga berhubungan erat dengan DPRD," ucapnya.

Di sisi lain, Pakde Bugel menilai bahwa ketiga sosok calon sekda definitif ini seluruhnya baik dan profesional.

Dia berharap, setelah ini proses penjaringan hingga penetapan sekda definitif murni dilakukan secara profesional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres