Beri Ruang Pegiat Seni, Disdikbud Akan Gelar Pentas Gratis Untuk Masyarakat

Beri Ruang Pegiat Seni, Disdikbud Akan Gelar Pentas Gratis Untuk Masyarakat

Pertujunkan Seni di Alun-alun, Sabtu, 27 Mei 2023-FOTO : LARASATI PUTRI-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Magelang berupaya untuk memberikan ruang kepada para pegiat seni asal Kota Magelang agar dapat menunjukkan eksistesinya.

Salah satunya dengan mengajak seniman Kota Magelang tersebut pentas di Dancing Fountain Alun-alun Kota Magelang pada setiap minggunya.

BACA JUGA:Pemkot Magelang Sat-Set Tangani Keluhan Warga Jurangombo yang Sering Kebanjiran

Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud, Fadli Kurniawan mengungkapkan, tujuan diadakannya Pertunjukan Seni dan Budaya, salah satunya untuk memperkenalkan tempat paling ikonik di kota seluas 18,54 kilometer persegi ini.

“Selain itu, kami ingin menghidupkan wisata malam setiap weekend. Ya, kita tahu Kota Magelang ini kalau malam terkenal sepi, sehingga kami ingin mengugurkan opini tersebut dengan berbagai acara pentas,” katanya saat dihubungi wartawan Senin, 29 Mei 2023

BACA JUGA:Langkah Lazismu Kota Magelang dalam Memberdayakan Penerima Beasiswa, Garap TPA Binaan

Fadli menjelaskan, pada Sabtu, 27 Mei 2023 kemarin, pihaknya menggelar pentas seni dengan menampilkan grup musisi kawakan, Kawan Lama Ben dan juga tarian tradisional dari Sanggar Sekar Melati Rinonce.

“Kemarin weekend adalah acara ketiga yang sudah diselenggarakan, antuasiame masyrakat luar biasa, benar-benar padat dan full. Harapannya kedepan, acara tersebut bisa terus dilaksanakan dengan lebih meriah lagi,” imbuhnya.

Dalam pangelaran budaya itu dirinya juga menggandeng beberapa kolaborator dari para OPD seperti DLH, Disporapar, dan stakeholder lainnya.

BACA JUGA:Agar Tidak Terkena Penyakit Menular, Masyarakat Harus Ikut GERMAS PHBS

Selain itu, seluruh seniman yang unjuk gigi diambil dari para pegiat seni asli Kota Magelang.

Hal tersebut dimaksudkan untuk menjamin lokalitas dan kekayaan budaya khas Kota Tidar patut dipanggungkan kepada masyarakat.

“Untuk genre penampilan seni tari dan seni musiknya itu tidak kami membatasi, mau tradisional atau modern silahkan, monggo ajang ini digunakan untuk menunjukkan bakat dan kemampuan para seniman sekaligus mempromosikan sanggar atau bandnya,” terangnya.

BACA JUGA:Rombongan Biksu Thailand Sampai Magelang Tanggal 30 Mei

Fadli menyebut, seluruh kegiatan Pertunjukan Seni dan Budaya besutan Disdikbud Kota Magelang didukung melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

“Untuk acara tersebut memang sudah kami masukan kedalam program kerja dan dianggarakan melalui APBD,” tandasnya.(ras)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres