Lebih Cepat 2 Hari, Para Biksu Thudong Sudah Sampai di Borobudur

Lebih Cepat 2 Hari, Para Biksu Thudong Sudah Sampai di Borobudur

Usai menempuh perjalanan dengan jalan kaki sepanjang 2.600 km, biksu thudong kini telah sampai di Borobudur.-FOTO : HUNI WEJANG/MAGELANG EKSPRES-

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Seakan menahan tangis dan haru, dari raut wajah 32 biksu thudong yang berjalan kaki dari Thailand menuju Candi Borobudur di Magelang, saat kaki mereka menginjakkan kaki di Kelenteng Liong Hok Bio Kota Magelang, Selasa, 30 Mei 2023 petang lalu.

Perjuangan para biksu thudong menempuh perjalanan 68 hari sepanjang 2.600 kilometer tuntas sudah. Hari ini, Rabu, 31 Mei 2023 rombongan para biksu thudong telah tiba di kawasan Borobudur.

Para biksu akan bermalam di Pusdiklat Catra Jinadhammo di Borobudur, Kabupaten Magelang atau sekitar 4 menit menuju Candi Borobudur Magelang untuk merayakan hari Trisuci Waisak, 4 Juni 2023 nanti.

BACA JUGA:Wujud Toleransi, Warga Muslim Berbaris Beri Hadiah Para Biksu Thudong di Pecinan Kota Magelang

Kedatangan para biksu thudong asal Thailand, Malaysia, dan Indonesia itu sudah dinantikan warga Kota Magelang sejak siang hari. Mereka menyambut antusias.

Ada yang memberikan minuman dan makanan, menampilkan kesenian barongsai atau sekadar mengabadikan kedatangan mereka menggunakan kamera ponsel.

Salah satu pendamping biksu asal Thailand bahkan mengunggah video di TikTok dengan judul "Magelang yang Terbanyak". Video tersebut menampilkan Jalan Alun-alun Timur ketika para biksu thudong hendak menginjakkan kaki di Kelenteng Liong Hok Bio Kota Magelang.

BACA JUGA:Apa Itu Pindapata yang Akan Dilakukan ke-32 Biksu Thudong di Magelang? Simak Penjelasannya!

Dengan bahasa Thailand, pendamping biksu itu juga menyorot animo warga menyambut kedatangan para biksu.

Hingga tiba di Kelenteng Liong Hok Bio sekitar pukul 18.30 WIB, para biksu thudong disambut Walikota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz, Kapolres AKBP Yolanda Evalyn Sebayang, jajaran Forkompimda, hingga ribuan warga Magelang yang telah menunggu kedatangan mereka sejak siang hari.

Sebelum masuk kelenteng, para relawan sudah bersiap membasuh kaki mereka menggunakan air kembang. Setelah itu mereka masuk untuk membaca doa.

BACA JUGA:Kota Terakhir, 32 Biksu Thudong Dapat Sambutan Meriah Masyarakat Magelang

Biksu Labhiko Mahatera, salah satu penadmping biksu Thudong, berpidato di Kelenteng Liong Hok Bio mengaku terharu dengan segala sambutan hangat dari masyarakat di berbagai daerah di Indonesia.

Dengan tibanya di Magelang, maka tuntas sudah perjuangan mereka menempuh perjalanan panjang selama 68 hari. Para biksu thudong hanya diperbolehkan makan di pagi hari, selebihnya selama perjalanan mereka hanya akan minum saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres