Akper Pemkab Purworejo Resmi Berubah Bentuk Jadi Stikes

Akper Pemkab Purworejo Resmi Berubah Bentuk Jadi Stikes

Foto: AKPER JADI STIKES. SK Perubahan bentuk Akper Pemkab Purworejo menjadi Stikes diserahkan oleh Kepala LL Dikti Wilayah VI Jateng kepada Ketua Yayasan Manggala Praja Adi Purwa Purworejo didampingi Ketua Stikes Pemkab Purworejo, di Semarang pada Senin (-Eko Sutopo-MAGELANG EKSPRES

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID- Akademi Keperawatan (Akper) Pemkab Purworejo yang terletak di Jalan Raya Kutoarjo-Purworejo Km 6,5 resmi berubah bentuk menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes).

Dengan perubahan bentuk tersebut, nama Akper Pemkab Purworejo berubah menjadi Stikes Pemkab Purworejo.

Perubahan bentuk dari Akper menjadi Stikes tertuang dalam SK Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nomor: 397/E/O/2023 tertanggal 2 Mei 2023. Penyerahan SK telah dilakukan oleh Kemendikbudristek melalui Kepala LL Dikti Wilayah VI Jateng, Bhimo Widyo Andoko SH MH, kepada Ketua Yayasan Manggala Praja Adi Purwa Purworejo Kendrasmoko SSos MSi, didampingi Ketua Stikes Pemkab Purworejo, Wahidin SKep Ns MKep, di Semarang pada 22 Mei 2023.

Wahidin saat dikonfirmasi mengaku bersyukur atas diterimanya SK perubahan bentuk tersebut. Menurutnya, perubahan bentuk menjadi Stikes telah melalui proses panjang dan sudah dicita-citakan sejak tahun 2016.

Dengan tetap memiliki Prodi D3 Keperawatan, Stikes Pemkab Purworejo akan menjalankan perkuliahan satu prodi baru, yakni S1 Administrasi Rumah Sakit.

BACA JUGA:Kokohkan Budaya Literasi, Sekolah Ini Terbitkan Antologi Cerpen di Wisuda Purnasiswa

“Untuk mendukung perubahan bentuk ini banyak hal sudah dipersiapkan, termasuk SDM, dosen, sarana prasarana, dan fasilitas lainnya.

Dan itu semua sudah terpenuhi. Selanjutnya kami mulai tahun 2024 akan fokus untuk mulai mengajukan Prodi baru yang rencananya S1 Keperawatan dan profesi ners,” kata Wahidin didampingi Ketua Tim Pembentukan Stikes, Ahmad Muzaki Skep MKep, Rabu (31/05/2023)

Diungkapkan, dipilihnya perubahan menjadi Stikes dilatarbelakangi banyaknya masyarakat yang membutuhkan akses kesehatan, terutama kampus kesehatan. Sementara itu, lembaga pendidikan tinggi yang akrab atau familier di masyarakat adalah Stikes.

“Stikes Pemkab Purworejo ini menjadi satu-satunya Stikes di wilayah Kedu Selatan. Ini sekaligus menjawab cita-cita para pendiri dulu untuk mengembangkan menjadi lebih baik dan besar lagi,” ungkapnya.

Secara resmi, perubahan bentuk dan nama Stikes Pemkab Purworejo akan diluncurkan pada 24 Juni 2023 mendatang.

BACA JUGA:Komisi 3 DPRD Matangkan Materi Raperda Pajak Daerah dan Retribusi Daerah

Prosesi peluncuran akan dihadiri 50-an rektor perguruan tinggi dari Yogyakarta, LL DIKTI Wilayah V Yogyakarta, APTISI Wilayah V Yogyakarta, LLDIKTI Wilayah VI Jateng, serta para rektor dari  perguruan tinggi se-Jateng.

“Kita sudah menyiapkan rangkaian kegiatan menuju STIKES, antara lain ada kuliah pakar, workshop dan kuliah umum. Dalam puncak kegiatan ada acara gowes dengan rute sejauh 15-18 Km dan full dorprize,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres