Gerakan Magelang Bike Peringati Hari Sepeda Dunia, Berlatih Pertolongan Pertama

 Gerakan Magelang Bike Peringati Hari Sepeda Dunia, Berlatih Pertolongan Pertama

PELATIHAN. Peserta Gobar Ro MbahMu mengikuti pelatihan pertolongan pertama saat terjadi laka utamanya saat bersepeda oleh pemateri dari PMI.-Heni Agusningtiyas-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGESKPRES.DISWAY.ID - Puluhan pesepeda dari berbagai komunitas di Kota Magelang mengikuti Gobar Ro MbahMu (Gowes Bareng karo Nambah ilmu/bersepeda bersama sambil menambah ilmu) dalam rangka memperingati hari sepeda dunia, Sabtu, 3 Juni 2023.

Gowes bareng mengambil rute kurang lebih 8 km melintasi jalur sepeda Jalan Pemuda, jl Sudirman,  Jl Tidar, Jl Gatot Subroto, hingga menyusuri saluran Kali Bening, jalur sepeda Jalan Pahlawan dan berakhir di Taman A Yani, Badakan. Sebelumnya, mereka berkumpul di Tugu Aniem.

Di titik finish pesepeda dilatih pertolongan pertama saat terjadi laka utamanya saat bersepeda oleh pemateri dari PMI.

Menurut penggagas acara, Masyoga, ilmu ini penting dimiliki sebagai dasar dalam memberikan pertolongan baik bagi diri sendiri maupun saat menolong pesepeda lain yang mengalami cedera otot saat bersepeda.

BACA JUGA:Kota Magelang Banjir 10.000 Pegowes Berbagai Daerah

"Di samping itu, kegiatan ini untuk lebih memasyarakatkan bersepeda sebagai moda transportasi keseharian yang sehat dan menyenangkan, ramah terhadap lingkungan. Dalam pelatihan diberikan teori dan praktik bagaimana membalut luka dan atasi cedera otot (ringan)," imbuhnya.

Berkonsep minim sampah, dengan mewajibkan peserta membawa bidon dan disuguhi makanan ringan, peserta mengikuti pelatihan dengan serius dan penuh antusias.

Salah seorang peserta, Mustakim dari Magelang NightRide menyambut baik acara semacam ini. "Kegiatan ini juga bisa menambah kawan juga memperoleh ilmu dasar pertolongan pertama, tidak sekedar bersepeda," katanya.

BACA JUGA:Tidak Hanya Indonesia, Candi Borobudur Jadi Pusatnya Umat Buddha Rayakan Waisak 2023

World Bicycle Day rutin diperingati tiap tanggal 3 Juni berdasarkan resolusi PBB. Sepeda sebagai moda transportasi yang sudah bertahan selama ratusan tahun.

Gerakan Magelang Bike juga bersurat kepada kepala sekolah SMP se Kota Magelang ditembuskan kepada Walikota dan Kadisdik yang berisi ajakan untuk guru dan siswa bersepeda memperingati Hari Sepeda Dunia 2023. (hen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres