Ini Syarat yang Harus Dipenuhi Jika Kota Magelang Ingin KLA Lagi

Ini Syarat yang Harus Dipenuhi Jika Kota Magelang Ingin KLA Lagi

Tim Independen dan Verifikator Kota Layak Anak melakukan verifikasi untuk memastikan kesesuaian antara data dan fakta di lapangan.-FOTO : LARASATI PUTRI/MAGELANG EKSPRES-

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID Tim Penilai dan Verifikator Kota Layak Anak (KLA) mencatat beberapa hal jika Kota Magelang ingin mendapatkan penghargaan paling bergengsi atas komitmen terhadap pemberdayaan anak.

Pada Kamis, 8 Juni 2023, Tim Independen bersama sejumlah tokoh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen-PPPA) RI melakukan verifikasi kelayakan Kota Layak Anak di Kota Magelang.

Namun demikian, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Jawa Tengah, Retno Sudewi turut memberikan catatan kepada Pemkot Magelang.

Dia menyebut, Kota Magelang belum sempurna lantaran tidak adanya profil data anak di setiap wilayah yang terintegrasi.

"Padahal data profil anak yang terintegrasi itu penting agar nantinya setiap elemen mampu memberikan penanganan yang sesuai dengan karakter masing-masing lingkungan," kata Retno Sudewi di Pendopo Pengabdian Kota Magelang.

BACA JUGA:Kesiapan Lebih Matang, KLA Kategori Nindya 2023 Diyakini Bakal Kembali ke Kota Magelang

Di luar data profil anak, kata Retno Sudewi, Kota Magelang dinilai telah melakukan upaya pemenuhan hak-hak terhadap anak.

"Poin positifnya saya mengapresiasi Kota Magelang karena selama ini mampu memberikan upaya komprehensif terhadap pemenuhan dan perlindungan anak," tuturnya.

Dia juga menyarankan agar kapasitas sumber daya manusia (SDM) pemangku kepentingan diperkuat lagi. Terutama soal kapasitas mereka terhadap pemenuhan hak-hak anak.

"Jadi kontribusi dari para kader KLA akan mempermudah pencapaian KLA yang lebih komprehensif. Ini tentang sistem bukan sinten, alangkah baiknya petugas pelayanan dikaderisasi secara maksimal sehingga tidak bergantung kepada salah satu pihak saja," ucapnya.

BACA JUGA:SI MONALISA : Melalui Aplikasi Ini Alumni Program Pelatihan di Kota Magelang Terdata Rapi

Menurut Retno, ibu dan anak termasuk dalam kelompok rentan yang harus dijaga yang diberikan hak-hak khusus.

Karenanya, jika Kota Magelang berhasil mendapatkan predikat KLA, dia berharap kolaborasi dari kepala daerah, perangkat daerah, lembaga eksekutif, lembaga legislatif, dan komponen masyarakat terus diperkuat.

Sementara itu, Walikota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz menyambut baik kedatangan tim penilai dan verifikator KLA untuk meninjau langsung kesesuaian data dan kondisi nyata di lapangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres