Kesiapan Lebih Matang, KLA Kategori Nindya 2023 Diyakini Bakal Kembali ke Kota Magelang

Kesiapan Lebih Matang, KLA Kategori Nindya 2023 Diyakini Bakal Kembali ke Kota Magelang

(Dari kiri ke kanan) : Kepala Bappeda Handini Rahayu, Wakil Walikota KH M Mansyur, dan Pj Sekda Larsita di sela pengarahan jelang verifikasi KLA 2023 di Pendopo Pengabdian Kota Magelang, Senin, 5 Juni 2023-FOTO : WIWID ARIF/MAGELANG EKSPRES-

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Pemkot Magelang menargetkan meraih penghargaan kategori Nindya dalam kompetisi Kota Layak Anak (KLA) tahun 2023 yang diselenggarakan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) RI.

Untuk diketahui, penghargaan Kota Layak Anak merupakan apresiasi tahunan kepada kabupaten/kota yang terdiri dari lima kategori.
Kelima kategori itu antara lain kategori Pratama, Madya, Nindya, Utama, dan predikat tertinggi sebagai Kabupaten/Kota Layak Anak.

BACA JUGA:Pj Sekda Larsita, Ungkap Alasan Kegagalan Kota Magelang Raih KLA Tahun 2022

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Magelang, Handini Rahayu mengakui jika wilayah ini mengalami tren penurunan penghargaan KLA. Terutama hasil nilai dari tim verifikasi KLA pada tahun 2022 lalu di Kota Magelang yang poinnya di bawah angka 700.

"Beberapa tahun terakhir kita mengalami peningkatan untuk pelayanan dan raihan Kota Layak Anak. Namun pada saat penilaian tahun 2022 kita akui adanya penurunan penghargaan dari kategori Nindya menjadi Madya," ujar Handini Rahayu, di sela pengarahan dan penekanan terhadap penilaian KLA Kota Magelang di Pendopo Pengabdian, Senin, 5 Juni 2023.

Handini menganggap penurunan raihan penghargaan tersebut adalah suatu kegagalan. Terutama dalam pemaparan dan kesiapan secara fisik maupun nonfisik.

BACA JUGA:50 Karya Perangkat Daerah Masuk Lomba Inovasi Daerah Kota Magelang 2023

Karenanya dia berharap, fakta yang terjadi tahun 2022 bisa menjadi bahan evaluasi secara komprehensif. Apalagi, waktu penilaian KLA tahun 2023 akan segera digelar dalam waktu dekat.

"Penilaian KLA tim verifikasi nanti akan hadir pada tanggal 8 Juni 2023 yang dilakukan oleh tim pusat (Pemerintah Pusat). Kita akan hadirkan seluruh komponen yang hadir saat ini," ujarnya.

Handini mengaku optimistis, raihan KLA tahun 2023 akan lebih baik dari sebelumnya. Hal itu jika melihat dari kesiapan serta fasilitas yang sudah dimiliki di Kota Magelang.

BACA JUGA:Dua Inovasi Disdukcapil Tembus KIPP 2023

Bukti keseriusan pihaknya dalam mengawal KLA karena kini Kota Magelang sudah memiliki 5 gugus tugas yang disiapkan.

Ke-5 gugus tugas itu antara lain Gugus Tugas Kluster Sipil dan Kebebasan, Kluster Lingkungan Keluarga dan Alternatif,  Kluster Kesehatan Dasar dan Kesejahteraan, Kluster Pendidikan dan Pemanfaatan Waktu dan Budaya, dan Kluster Perlindungan Khusus.

"Kita akan persiapan secara maksimal, baik secara administrasi maupun fakta di lapangan," tuturnya. (wid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres