Masyarakat Temanggung Diimbau Ajukan Permohonan Jika Daerahnya Mengalami Kekurangan Air Bersih

Masyarakat Temanggung Diimbau Ajukan Permohonan Jika Daerahnya Mengalami Kekurangan Air Bersih

DISTRIBUSI. Petugas BPBD Temanggung mendistribusikan air bersih di salah satu sekolah yang mengalami kekurangan air bersih.-Setyo wuwuh/temanggung ekspres-MAGELANG EKSPRES

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Temanggung mengimbau masyarakat yang sudah mengalami kekurangan air bersih untuk agar segera mengajukan permohonan permintaan bantuan, sehingga air bersih bisa segera didistribusikan.

Kasi Penanggulangan Darurat dan Logistik, BPBD Kabupaten Temanggung, Priyo Harjanto mengatakan, pihaknya akan menyalurkan bantuan air bersih kepada masyarakat yang sudah mengalami kekurangan air bersih.

Namun demikian sebelumnya harus ada permohonan permintaan bantuan air bersih.

"Surat permohonan bantuan air bersih atas nama desa, kemudian bisa langsung diajukan ke BPBD," terangnya, kemarin.

BACA JUGA:Tradisi Wiwit Tembakau Bawa Keberuntungan bagi Petani di Temanggung

Ia mengatakan, mekanisme pengajuan bantuan air cukup mudah. Karena itu, kebutuhan air bersih di masyarakat selama musim kemarau bisa segera terpenuhi.

Priyo menyebut, setelah pihaknya menerima surat permohonan bantuan dari desa, petugas dari BPBD akan terjun langsung melakukan pengecekan di lapangan, untuk memastikan keadaan di desa yang sudah mengajukan bantuan.

"Setelah itu kami survei/cek kebenarannya, kalau benar kekeringan atau kekurangan air, bisa kami langsung mendistribusikan air bersih," katanya.

Disebutkan, untuk memenuhi kebutuhan air bersih selama musim kemarau, BPBD Kabupaten Temanggung telah menyiapkan tiga mobil tangki untuk melakukan distribusi bantuan air bersih.

Bantuan air bersih diambil dari sumber mata air Pikatan Temanggung.

"Armada beserta kelengkapan lainnya sudah kami siapkan, jika ada permintaan dan sudah disurvei, armada ini bisa langsung beroperasi," jelasnya.

BACA JUGA:Sentra Terpadu Kartini Temanggung Fokus Bentuk Mental Disabilitas Siap Berwirausaha

Kepada masyarakat yang tinggal di daerah rawan kekeringan, diimbau untuk menghemat air dan menggunakan seperlunya.

Untuk menghadapi kemarau panjang ini, BPBD Kabupaten Temanggung menyiapkan anggaran bantuan untuk 151 tangki air bersih bagi daerah yang mengalami kekeringan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres