Asah Jiwa Wirausaha Anggotanya, Karang Taruna Sunan Geseng Gelar Study Banding

Asah Jiwa Wirausaha Anggotanya, Karang Taruna Sunan Geseng Gelar Study Banding

PRAKTIK. Anggota Karang Taruna Sunan Geseng berfoto bersama usai praktik membuat kerajinan dari serabut kelapa.-Lukman Hakim-MAGELANG EKSPRES

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Berupaya untuk mengasah jiwa enterpreneurship yang berbasis potensi lokal, organisasi Karang Taruna Sunan Geseng Desa Krendetan Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo melakukan kegiatan Silaturahim dan Studi Banding ke Karang Taruna Mandiri Desa Pandanlor Kecamatan Klirong Kabupaten Kebumen, kemarin.

Ketua Karang Taruna Sunan Geseng, Ahmad Nur Kholis MPd mengungkapkan, turut ikut dalam kegiatan tersebut perwakilan PKK serta BPD serta Pemerintah Desa Krendetan. Harapannya, dari kegiatan tersebut dapat memantik semangat berwirausaha bagi kalangan generasi muda di Desa Krendetan.

"Kebetulan desa yang kami kunjungi tersebut memiliki potensi pohon kelapa yang cukup banyak. Dari potensi tersebut kemudian dikembangkan menjadi aneka kerajinan dari serabut kelapa serta Virgin Coconut Oil (VCO) yang jangkauan pemasarannya sudah menembus pasar nasional," kata Kholis, Senin (19/6).

BACA JUGA:16 Tim Ramaikan Turnamen Voli Kapolres Purworejo Cup

Lebih lanjut Kholis mengatakan, dengan adanya study banding tersebut pihaknya juga berharap agar peserta termotivasi agar mau berinovasi mengembangkan potensi yang dimiliki oleh Desa Krendetan sehingga nantinya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

"Dalam kegiatan tersebut kami juga mempraktekkan bagaimana membuat kerajinan dari bahan serabut kepala seperti keset, tali, pupuk serta vas bunga. Selain itu, kami juga berkesempatan untuk berdialog lebih dalam terkait manajerial hingga strategi pemasarannya," jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Desa Krendetan, Isnainiyah menambahkan jika dirinya mewakili pemerintah desa memberikan apresiasi kepada pihak karangtaruna yang telah berinisiatif menggelar kegiatan study banding ini.

Dirinya selaku pemerintah desa berkomitmen untuk memfasilitasi kegiatan-kegiatan positif untuk mengembangkan skill bagi generasi muda di Desa Krendetan. "Jadi bukan hanya sekedar plesir atau refresing saja, namun ada pelajaran baru yang dapat di duplikasi untuk direalisasikan dalam rangka membangun Desa Krendetan agar semakin maju dan berkembang," tandasnya. (luk)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres