Kunjungan Kaisar Jepang ke Candi Borobudur, Ganjar Pranowo : Tanda Keakraban Dua Negara

Kunjungan Kaisar Jepang ke Candi Borobudur, Ganjar Pranowo : Tanda Keakraban Dua Negara

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo tampak turut serta mendampingi Kaisar Jepang pada kunjungan kenegaraan di Candi Borobudur, Magelang pada Kamis, 22 Juni 2023.-FOTO : HUNI WEJANG/MAGELANG EKSPRES-

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo turut menyambut kunjungan kenegaraan Kaisar Jepang, Hironomiya Naruhito di Candi Borobudur pada Kamis, 22 Juni 2023 pagi.

Dalam kunjungan kenegaraan tersebut, Ganjar Pranowo juga turut serta mendampingi Kaisar Jepang saat naik dan berkeliling di area bangunan Candi Borobudur.

Kaisar Jepang datang bersama dengan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji dan Tur Guide Mura Aristina.

"Tidak ada pembahasan khusus. Saya bersama duta besar hanya turut mendampingi dari belakang sembari mendengarkan penjelasan dari Pak Mura sebagai tour guide," ujar Ganjar Pranowo.

BACA JUGA:Kaisar Jepang Datang ke Candi Borobudur Kenakan Batik Truntum

Menurut Ganjar, dalam kunjungannya, tampak jelas terlihat bahwa Kaisar Jepang merasa senang dan impersif saat berada di Candi Borobudur.

"Banyak ekspresi yang saya lihat seperti mengatakan ‘wow’. Itu pasti kesan yang menunjukkan hebat,” lanjutnya.

BACA JUGA:Angkat Potensi Wellness Tourism, TWC Borobudur Gelar Peringatan Hari Yoga Internasional

Lebih lanjut, Ganjar menyebut, Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito merupakan sosok pemimpin yang sangat humble. Terlebih, ini merupakan kunjungan kenegaraan kali pertama dalam kurun waktu tujuh hari.

"Sebelum ketemu protokolnya sangat ketat sekali, tapi begitu ketemu tidak ada yang ketat. Sangat senang dan humble, dan kita bisa bicara banyak hal," tuturnya.

BACA JUGA:Gubernur Ganjar Pranowo Dijadwalkan Sambut Kaisar Jepang Di Borobudur

BACA JUGA:Sambut Kaisar Jepang, TWC Borobudur Terus Lakukan Berbagai Persiapan

Dengan itu, Ganjar berharap, hubungan baik yang telah terjalin antar dua negara tersebut akan terus berlanjut serta dapat memberikan dampak positif bagi keduanya.

"Menurut saya itu tanda bahwa keakraban dua negara antara Indonesia-Jepang menjadi begitu penting. Hal itulah yang harus kita utilisasi agar kerja sama ini membuahkan hasil dan memberikan kebermanfaatan," pungkasnya. (mg3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres