HEBAT! Kabupaten Magelang Mulai Sekarang Punya 260 Kampung Keluarga Berkualitas

HEBAT! Kabupaten Magelang Mulai Sekarang Punya 260 Kampung Keluarga Berkualitas

Bupati Magelang Zaenal Arifin mencanangkan 260 Kampung Keluarga Berkualitas di Tol Kayangan, Sawangan.-FOTO : HUNI WEJANG/MAGELANG EKSPRES-

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Pemkab Magelang mencanangkan kampung keluarga berkualitas secara mulai Selasa 27 Juni 2023.

Pencanangan itu dilakukan oleh Bupati Magelang Zaenal Arifin di tempat wisata Tol Kahyangan, Kecamatan Sawangan.

Selain pencanangan keluarga berkualitas, Zaenal Arifin juga mencanangkan desa ramah perempuan dan peduli anak serta pusat kesehatan sosial. Pencanangan itu dimaksudkan di seluruh 260 desa di Kabupaten Magelang.

BACA JUGA:Pengarahan Orientasi PPPK, Ini Pesan Bupati Magelang

Menurut Zaenal Arifin, pengentasan masalah kemiskinan tidak cukup hanya dengan meningkatkan pendapatan harian masyarakat saja. Yang terpenting, masyarakat merasakan kebahagiaan yang lebih banyak dari sebelumnya.

"Indikator kemiskinan lainnya itu kalau masyarakat sudah merasa terlindungi, merasa adil, mendapat pekerjaan layak, akses mudah mendapatkan pendidikan, kesehatan, dan kebijakan sosial," ujar Zaenal Arifin.

Karenanya, dia meminta masyarakat untuk tetap menjadikan tradisi gotong-royong. Sebab, tradisi warisan budaya ini sangat diperlukan dalam mewujudkan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

BACA JUGA:Sukseskan Program 10 Juta Bendera, Pemkab Magelang Bagikan 176 Bendera Merah Putih

Menurutnya, pembangunan sumber daya manusia yang utama dimulai dari keluarga. Melalui keluarga maka peranan krusial yang bisa mempengaruhi perkembangan anak, baik perkembangan fisik maupun psikososial yang dampaknya akan terus terasa hingga dewasa.

"Jadi Kampung Keluarga Berkualitas merupakan konsep percepatan pembangunan keluarga dengan menggunakan pendekatan pemberdayaan individu, keluarga, dan masyarakat oleh lintas sektor dan pihak di berbagai level pemerintahan yang terintegrasi," tuturnya.

BACA JUGA:Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa di Sektor Peternakan, Kementan Gandeng DUDIKA

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial PPKB PPPA Kabupaten Magelang Bela Pinarsih menyebutkan, jumlah Kampung KB di RPPA dan Puskesos yang akan dicanangkan serentak pada kesempatan kali ini berjumlah 260 desa.

Adapun 110 desa telah dibentuk dan dicanangkan Kampung KB.

"Untuk tahun 2023 ini targetnya 272 desa harus terbentuk dengan sinergitas dan integrasi," sebutnya. (mg3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres