Arti dan 6 Cara Menjadi Profil Pelajar Pancasila Indonesia, Siswa Wajib Tahu!

Arti dan 6 Cara Menjadi Profil Pelajar Pancasila Indonesia, Siswa Wajib Tahu!

Tim dari UGM Jogjakarta saat mengikuti Pameran Edukasi Magelang, sebagai ilustrasi Profil Pelajar Pancasila Indonesia.-DOKUMEN-MAGELANG EKSPRES

MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Profil Pelajar Pancasila merupakan sejumlah ciri karakter dan kompetensi yang diharapkan untuk diraih oleh peserta didik, yang didasarkan pada nilai-nilai luhur Pancasila.

Dikutip dari laman Kemdikbud RI, Profil Pelajar Pancasila memiliki fungsi antara lain mampu menerjemahkan tujuan dan visi pendidikan ke dalam format yang lebih mudah dipahami oleh seluruh pemangku kepentingan pendidikan.

Pelajar Pancasila juga harus dapat menjadi penunjuk arah bagi pendidik dan pelajar di seluruh Indonesia.

Dengan adanya Profil Pelajar Pancasila maka dari setiap pembelajaran, program, dan kegiatan di satuan pendidikan.

BACA JUGA: SIMAK! 5 Tips Sukses Jalani MPLS Tahun Ajaran 2023/2024

Ada 6 aspek Profil Pelajar Pancasila, antara lain :

1. Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia

Pelajar Indonesia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia adalah pelajar yang memahami ajaran agama dan kepercayaannya serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupannya sehari-hari.

2. Berkebhinekaan Global

Berkebhinekaan Global mengandung maksud bahwa pelajar Indonesia harus mempertahankan budaya luhur, lokalitas dan identitasnya, dan tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain.

BACA JUGA:Lewat Video Animasi, Mahasiswa Polbangtan Ajak Petani Manfaatkan Limbah Pertanian

Dengan begitu, akan menumbuhkan rasa saling menghargai dan kemungkinan terbentuknya dengan budaya luhur yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa.

3. Mandiri

Yang dimaksud pelajar mandiri adalah pelajar Indonesia yang senantiasa belajar secara mandiri, yaitu pelajar yang bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres