Operasi Patuh Candi 2023, Polres Purworejo Kedepankan Upaya Preventif

Operasi Patuh Candi 2023, Polres Purworejo Kedepankan Upaya Preventif

Foto: APEL. Wakapolres Purworejo, Kompol Fadli, menyematkan tanda pita kepada perwakilan anggota dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Candi 2023 di halaman Mapolres Purworejo. -Eko Sutopo-MAGELANG EKSPRES

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID- Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Purworejo menggelar Operasi Keselamatan Lalu Lintas Patuh Candi 2023 mulai 10 hingga 23 Juli 2023 mendatang.

Selama 14 hari tersebut, para pengguna jalan yang kedapatan melakukan pelanggaran lalu lintas bakal ditindak tegas, tetapi upaya preventif, edukatif, dan persuasif lebih dikedepankan demi keselamatan pengguna jalan.

Pelaksanaan Operasi Patuh Candi diawali dengan Apel Gelar Pasukan di Halaman Polres Purworejo, Senin (10/7) pagi.

Apel dipimpin langsung oleh Wakapolres Purworejo,  Kompol Fadli SH SIK MH, diikuti perwakilan dari Denpom, Kodim 0708, Satlantas, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP Damkar Kabupaten Purworejo.

BACA JUGA:Art Center Segera Difungsikan, Bakal Angkat Memori Kolektif Masyarakat

Hadi jajaran Forkompimda Purworejo dan Kapolsek Jajaran Polres Purworejo.

Wakapolres Purworejo membacakan amanat Kapolda Jateng, Irjend Pol Ahmad Luthfi, menyampaikan bahwa Operasi  Patuh Candi tahun ini mengangkat tema "Patuh dan Tertib Berlalu Lintas Cermin Moralitas Bangsa”. Operasi digelar secara serentak selama 14 hari  dalam rangka cipta kondisi Kamsebtibcarlantas pasca pelaksanaan hari Bhayangkara ke-77  tahun 2023.

“Dalam konteks ini, lalu-lintas dapat dipahami sebagai urat nadi kehidupan cermin budaya bangsa dan cermin tingkat modernitas,” sebutnya.

Diungkapkan, permasalahan di bidang lalu lintas dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis. Hal itu sebagai konsekuensi  dari meningkatnya jumlah populasi penduduk yang  berimbas  pada peningkatan jumlah kendaraan  bermotor sebagai sarana  mobilitas  dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

BACA JUGA:TP PKK Diminta Pertajam Orientasi Program

”Operasi Patuh Candi 2023 berfokus pada keselamatan bagi pengguna jalan. Keselamatan memang sesuatu yang pertama dan utama dalam etika berlalu-lintas,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa modernisasi perkembangan alat tranportasi pada era digital harus diikuti dengan alat inovasi dan kinerja polri khususnya polisi lalu-lintas sehingga mampu mengantisipasi segala dampak yang akan timbul dari modernisasi perkembangan tranportasi tersebut.

“Dan perlu diketahui bahwa Operasi patuh candi 2023  ini  dilaksanakan guna menurunkan angka pelanggaran,  kecelakaan lalu lintas dan angka fatalitas serta  meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu-lintas,” tegasnya. (top)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres