Mengenal Roasting Kopi untuk Memunculkan Cita Rasa Khas Kopi Nikmat

Mengenal Roasting Kopi untuk Memunculkan Cita Rasa Khas Kopi Nikmat

Sejumlah barista di Kota Magelang diberikan pelatihan tentang teknik roasting kopi untuk menciptakan cita rasa yang khas dari kopi, di IKM Center, Selasa 11 Juli 2023.-DOK PEMKOT MAGELANG-ISTIMEWA

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Roasting kopi merupakan proses pemanggangan biji kopi yang masih mentah.

Untuk mendapatkan cita rasa kopi yang khas, dari biji kopi tersebut, maka seorang barista wajib melakukan salah satu proses yakni roasting kopi.

Mengingat pentingnya tahapan pembuatan kopi ini, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Magelang menggelar pelatihan khusus roasting kopi.

Para barista dilatih cara membikin kopi dengan cita rasa terbaik, salah satunya agar fokus dalam melakukan proses roasting kopi.

"Industri kecil yang bergerak di bidang pengolahan kopi di Kota Magelang selalu bertambah. Hal ini bisa kita lihat dari banyaknya warung kopi dan cafe di Kota Magelang," kata Kepala Disperindag Kota Magelang, Syaifullah, Selasa 11 Juli 2023.

BACA JUGA:Isu Tenaga Harian Lepas di Kota Magelang Bakal Dipecat, Budi Prayitno : Jangan Sampai Terulang Lagi

Menurutnya, jumlah kedai kopi dan cafe yang terus bertambah membuktikan jika peminat kopi juga bertambah.

"Karena penikmat dan peminat kopi ini juga makin banyak, maka kita beri pelatihan pengetahuan sekaligus keterampilan kepada para barista, khususnya dalam teknik roasting kopi," ujarnya.

Materi pelatihan meliputi tersebut, meliputi teori dan praktik roasting kopi, profesi barista, pembuatan espreso dan lain sebagainya.

Syaifullah berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas diri para pelaku IKM olahan kopi di wilayah Kota Magelang.

BACA JUGA:Wedang Kacang Terdekat di Magelang, Hanya Beberapa Meter dari Alun-alun

Sebanyak 30 orang itu mengikuti pelatihan roasting kopi di Aula Gedung IKM Center Kota Magelang, Selasa-Kamis, 11-13 Juli 2023. Para peserta berasal dari berbagai latar belakang, mulai dari pelaku IKM yang bergerak di bidang minuman kopi, barista, keluarga buruh, dan masyarakat umum.

BACA JUGA:Parkir Sembarangan, Salah Satu Penyebab Kemacetan di Kota Magelang

Sementara itu, Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz mengatakan bahwa untuk memulai usaha yang terpenting didasari sifat keberanian untuk berkembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres