Batas Maksimal Minum Kopi dalam Sehari, Jangan Lebih dari Takaran Ini!

Batas Maksimal Minum Kopi dalam Sehari, Jangan Lebih dari Takaran Ini!

Berapa Maksimal Minum Kopi Sehari?--

MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Minum kopi bagi sebagian masyarakat sudah menjadi gaya hidup tersendiri. Secangkir kopi enak sembari membuka ponsel atau mungkin baca koran tentu sangat mengasyikan.

Memang, dari segi kesehatan, minum kopi bukan hal yang bahaya untuk dikonsumsi. Asalkan takaran dan penerimaan tubuh dalam keadaan normal.

Namun sebaliknya, jika konsumsinya berlebihan, apalagi dengan banyak tambahan seperti gula, krim, krimer, dan lain-lain ada risiko kesehatan yang mesti Anda tanggung.

Lalu sebetulnya berapa batas maksimal minum kopi dalam sehari itu?

Untuk membahas ke arah situ, ada baiknya perlu diingat bahwa kopi mengandung cafein. Cafein ini dikonsumsi tiap hari berbeda-beda, tergantung pada masing-masing individu yang bergantung pada usia, riwayat penyakit, dan respons tubuh terhadap cafein.

BACA JUGA:Fakta Terbaru, Minum Kopi Secara Rutin Bisa Memperpanjang Usia Hidup

Sebagian orang mungkin dengan dosis rendah sudah mengalami keluhan seperti berdebar-debar, cemas, dan gelisah. Sementara sebagian lainnya tidak mengalami keluhan apa pun, bahkan setelah minum beberapa cangkir kopi.

Batas Maksimal Minum Kopi dalam Sehari

Jurnal Medis “New England Journal of Medicine” mengungkap penelitian pada tahun 2012 silam. Studi diambil dari pengamatan terhadap 402.260 partisipan dengan usia 50-71 tahun.

Hasilnya, tingkat risiko kematian terendah pada periode penelitian selama 12 tahun adalah pengonsumsi kopi dengan batasan 4-5 cangkir perhari.

Dengan begitu, mengacu pada studi kasus penelitian tersebut, jumlah 4-5 cangkir per hari kopi adalah standar paling ideal dapat dinikmati.

BACA JUGA:Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari Ternyata Lebih Sehat dari Jamu

Hal ini diperkuat dengan ambang batas penerimaan tubuh terhadap cafein. Menurut European Food Safety Authority, batas aman konsumsi cafein bagi orang dewasa tanpa riwayat penyakit tertentu adalah 400 mg atau 4 cangkir kopi per hari.

Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa ambang batas normal minum kopi ini sangat dipengaruhi oleh usia, berat badan, dan riwayat penyakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: