Senam Massal Berpakaian Seni Jadi Penutup Ketep Summit Festival 2023

Senam Massal Berpakaian Seni Jadi Penutup Ketep Summit Festival 2023

Lomba Senam Kreasi menjadi penutup kegiatan Ketep Summit Festival Tahun 2023 bertajuk "Symphoni Jiwa" yang berlangsung selama tiga hari (20-23 Juli 2023) di plataran BPOW (Badan Pengelola Objek Wisata) Ketep Pass.-CHANDRA YOGA-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Lomba Senam Kreasi menjadi penutup kegiatan Ketep Summit Festival Tahun 2023 bertajuk "Symphoni Jiwa" yang berlangsung selama tiga hari (20-23 Juli 2023) di plataran BPOW (Badan Pengelola Objek Wisata) Ketep Pass, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah,  secara resmi ditutup.

Event tahunan yang mampu meningkatkan kunjungan wisatawan di kawasan lereng Gunung Merapi-Merbabu tersebut, akan digelar kembali tahun 2024 mendatang.

“Alhamdulillah Event Ketep Summit Festival 2023 sudah terlaksana dengan lancer dan sukses. Kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kegiatan tersebut, dan ini merupakan momentum sangat bagus untuk menarik wisatawan datang ke Magelang,” ucap Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang, Mulyanto melalui Sekretaris Dinas Parpora Andi Gunawan, saat menutup rangkaian kegiatan Ketep Summit Festival 2023, pada Minggu, 23 Juli 2023.

Adapun Lomba Senam Kreasi tersebut, diikuti oleh 15 peserta yang berasal dari berbagai Sanggar senam di Kabupaten Magelang. Dengan juara yaitu, juara 1 Sanggar  Strong Mam Salaman.

Juara 2 Sanggar Alena Mungkid. Juara 3 Sanggar Lilis Aero Sukorejo Mertoyudan. Juara Harapan 1 Sanggar Pelangi Candimulyo. Juara Harapan 2 Sanggar Ana Aero Pakelan Mertoyudan. Dan Juara Harapan 3 Sanggar Era Aero Salaman.

"Dalam perlombaan ini dengan menggunakan satu lagu yang sama, namun peserta bebas berkreasi gerakan termasuk kostum sesuai dengan kreasi masing-masing.

Adapun senam kreasi ini berada dibawah naungan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Magelang," ucap salah satu juri lomba Senam Kreasi, Mantyaningrum, yang tergabung dalam Instruktur Senior Senam Kabupaten Magelang.

BACA JUGA:29 Calon Paskibraka Kabupaten Magelang Siap Digembleng Selama 18 Hari ke Depan

Selama tiga hari, event Ketep Summit Festival 2023 sebagai penyelenggara kegiatan adalah Pemerintah Kabupaten Magelang melalui Disparpora Kabupaten Magelang.

Lokasinya berada di Daya Tarik Wisata Ketep Pass, menampilkan Sendratari Candramuka Kajarwa oleh Sanggar Kinara-Kinari Borobudur, menceritakan tentang Gunung Merbabu dengan kehidupan masyarakatnya, dilanjutkan konser musik dengan bintang tamu Woro Widowati dan Aftershine.

“Terus terang, penonton yang datang memenuhi halaman pakir,” ujarnya.

Pada hari kedua, Sabtu, 22 Juli 2023 pagi sampai sore, dilaksanakan lomba kesenian rakyat Kabupaten Magelang,  yang diikuti komunitas kesenian tradisional, seperti Soreng, Jathilan, Kubro Siswo, Topeng Ireng dan kesenian tradisional lainnya.

BACA JUGA:WOW! Gunung Balak Pakis Magelang Bakal Disulap Jadi Wisata Religi

Tumbuhnya seni budaya, sebagai upaya melestarikan kesenian rakyat Kabupaten Magelang sebagai potensi wisata budaya yang mampu menarik wisatawan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres