WOW! Gunung Balak Pakis Magelang Bakal Disulap Jadi Wisata Religi

WOW! Gunung Balak Pakis Magelang Bakal Disulap Jadi Wisata Religi

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Slamet Achmad Husein bersama jajaran Forkompimcam Pakis saat menghadiri kegiatan Sadranan di Gunung Balak, Pakis, Minggu 23 Juli 2023.--

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Magelang, Slamet Achmad Husein bersama jajaran Forkompimcam Pakis menghadiri acara Sadranan Gunung Balak di Desa Pakis, Kecamatan Pakis, Minggu 23 Juli 2023.

Sadranan Gunung Balak merupakan tradisi dan kegiatan adat kolaborasi antara budaya dan ajaran Islam.

Slamet Achmad Husein mengatakan, tradisi ini, di samping sebagai sarana untuk mensyukuri Tuhan Yang Maha Esa, juga untuk mendoakan kepada leluhur, yang dilanjutkan dengan membersihkan dan menabur bunga di makam Gunung Balak.

"Kami memandang, ini menjadi kebiasaan unik, yang ada di Desa Pakis, sebab Sadranan yang biasanya hanya dilaksanakan pada bulan Syaban saja, tidak terkecuali bagi masyarakat Desa Pakis yang pelaksanaannya juga di bulan Suro," kata Slamet Achmad Husein.

BACA JUGA:Pemkab Magelang Kembali Raih Penghargaan KLA Kategori Nindya

Ia berharap, kegiatan Sadranan Gunung Balak ini bisa terus tumbuh dan berkembang. Termasuk juga membuat keragaman budaya semakin hidup.

"Kami juga mengajak masyarakat untuk terus menjaga dan melestarikan budaya gotong-royong, sebagai jati diri rakyat Indonesia, tanamkan secara mendalam rasa kebersamaan, menjaga persatuan dan kesatuan, sehingga tercipta kondusifitas wilayah yang aman dan damai di masyarakat," terangnya.

BACA JUGA:Terungkap! Konser di Solo Berujung Ricuh Rupanya EO Belum Bayar Ini

Sementara Kepala Desa Pakis, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Margo Utomo menyampaikan bahwa kegiatan Sadranan Gunung Balak ini sudah dilaksanakan secara turun temurun.

BACA JUGA:Menuju Gerakan Tani Pro Organik, Kementan Genjot Penggunaan Pestisida Nabati

Masyarakat memanjatkan doa kepada Tuhan, supaya senantiasa diberikan kesehatan, aman sentosa, dan lebih guyub rukun.

"Kami juga berencana merevitalisasi lokasi Gunung Balak. Tahun 2024 Gunung Balak ini akan segera direvitalisasi dengan tujuan untuk dijadikan destinasi wisata religi," ungkap Margo Utomo. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres