Pitutur Telu Jadi Tema Ulang Tahun SMPN 2 Magelang ke-73

Pitutur Telu Jadi Tema Ulang Tahun SMPN 2 Magelang ke-73

MELEPASKAN BALON. Kepala Sekolah SMPN 2 Magelang, Fatin Mahdalina melepaskan balon didampingi perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang bersama para alumni Cakra Paramarta, Minggu, 23 Juli 2023.-Istimewa-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGESKPRES.DISWAY.ID - Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) SMP Negeri 2 Magelang yang ke-73 tahun ini mengusung tema “Pitutur Telu” yang mana tema tersebut mengambil kata dari bahasa Jawa angka 7 “pitu” dan 3 “telu”.

Dalam Bausastra Jawa, kata “Pitutur” berasal dari bahasa Jawa kuno yang berarti pelajaran, nasehat, atau peringatan (Prawiroatmodjo, 1957:507). Sedangkan “Telu” merupakan sebuah kata yang juga berasal dari bahasa Jawa yang artinya adalah Tiga.

SMP Negeri 2 Magelang yang merupakan salah satu sekolah tertua di Kota Magelang
yang pada tanggal 1 Juli 2023 genap berumur 73 tahun. Tema Pitutur Telu sesuai peringatan HUT SMP Negeri 2 yang ke-73.

Kepala Sekolah SMPN 2 Magelang, Fatin Mahdalina menjelaskan Pitutur Telu adalah sebuah nasehat yang berjumlah tiga kalimat, di mana tiga kalimat tersebut adalah Manembah Marang Gusti, Karyenak Tyasing Sasami dan Memayu Hayuning Bumi.

BACA JUGA:Tingkatkan Sifat Religius, Siswa SMPN 2 Magelang Ikuti Taman Santri Ramadan

"Ketiganya memiliki arti beribadah kepada maha kuasa di mana SMPN 2 Magelang sebagai sekolah religius selalu mengingatkan para siswa untuk beribadah. Kedua memberikan lebih berkarya yang terbaik. Dan ketiga memperindah lingkungan sekitar," papar Fatin, Minggu, 23 Juli 2023.

Dalam rangka memberikan ruang bagi anak-anak dan generasi muda untuk berekspresi melalui karya seni, SMP Negeri 2 Magelang melaksanakan berbagai kegiatan di antaranya Lomba mural, lomba menggambar, lomba mewarnai, lomba foto dimeriahkan pameran, bazar dan panggung hiburan. Selain itu juga diadakan kegiatan sosial yaitu donor darah.

Kegiatan ulang tahun melibatkan orang tua, peserta didik, guru dan karyawan
sekolah bahkan alumni. Untuk memeriahkan agenda tersebut kami juga melibatkan masyarakat umum untuk berpartisipasi memeriahkan HUT.

Dengan demikian hubungan yang baik antara pihak sekolah, orang tua, alumni, dan
lingkungan sekolah dapat terjalin.

BACA JUGA:Terkena HT Saat Razia, Siswi SMPN 2 Terancam Buta

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, pihak SMP Negeri 2 Magelang memohon kerja sama berbagai pihak untuk mendukung pelaksanaan yang berkaitan dengan waktu, kondisi, tempat, dan dana, sehingga kegiatan dapat berjalan dengan tertib dan terencana.

Dengan lancarnya semua kegiatan, tentu saja akan berdampak baik bagi sekolah dan
lingkungan sekolah.

"Melalui kegiatan-kegiatan dalam rangka HUT ke-73 ini, diharapkan pula SMP Negeri 2 Magelang tidak hanya unggul dalam bidang akademis dan religi, tetapi tetap bijak di lingkungan masyarakat," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Cakra Paramarta (alumni SMPN 2 Magelang), Hamzah Kholifi mengatakan di hari ulang tahun SMPN 2 Magelang tentunya bisa menjadi penyemangat. Semoga ke depan selalu bisa berprestasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: