Tim PPMT Unimma Bantu Wujudkan Sekolah Sehat di SD Negeri Pager Candimulyo Magelang

Tim PPMT Unimma Bantu Wujudkan Sekolah Sehat di SD Negeri Pager Candimulyo Magelang

PPMT beranggotakan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ns Priyo MKep dengan mahasiswa Indarti Rukmana Eko Saputri, Silvi Fitria Fajriani, Nisrina Oktaviani, dan Septa Cakra Budi Pratama bersama siswa SDN Pager-Silvi Fitria Fajriani-UNIMMA

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang berkolaborasi dengan program studi S1 Keperawatan Fikes Universitas Muhammadiyah Magelang melaksanakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat Terpadu (PPMT)  membantu mewujudkannya melalui  Sekolah Sehat.

Kali ini, Tim PPMT menyambangi di SD Negeri Pager Desa Bateh, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang.

Di sekolah tersebut, disinyalir belum dapat meningkatkan kesehatan  dan produktivitas belajar siswa. 

PPMT ini beranggotakan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ns Priyo MKep dengan mahasiswa  Indarti Rukmana Eko Saputri, Silvi Fitria Fajriani, Nisrina Oktaviani, dan Septa Cakra Budi Pratama.

BACA JUGA:Sasar Desa Donorojo Tegalrejo, PPMT UNIMMA Dukung Masyarakat Mencegah Stunting

Mereka melaksanakan kegiatan penyuluhan kesehatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Anak Sekolah pada siswa kelas I, senam bersama dan makan buah bersama seluruh siswa di SDN Pager.

Tidak itu saja, turut digelar pelatihan kader anak sekolah dengan sasaran siswa kelas IV, V, dan VI.

Ns Priyo MKep dalam materinya menyampaikan bahwa pengetahuan dan pembiasaan PHBS sangat penting diberikan sedini mungkin bagi anak SD.

Seperti mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, memelihara kuku yang pendek dan bersih, konsumsi jajanan yang sehat, olahraga teratur, dan tidak merokok.

BACA JUGA:Tim PPMT Unimma Wujudkan Akuntabilitas BUMDes Melalui Pelatihan Keuangan

Diharapkan dengan kebiasaan sehat tersebut, masyarakat mampu meningkatkan kesehatan dan produktivitas belajar siswa.

Sementara, pada kegiatan pelatihan kader melibatkan tenaga kesehatan Said Hartanta SKep Ns dari Puskesmas Candimulyo dan  Emergency Rescue Team (ERT) UNIMMA, yaitu Ma'ruf Ikhsanuddin dan Muhammad Dzulfiqar.

“Kegiatan pelatihan kader kesehatan sangat membantu dan bersinergi dengan kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Saya juga berharap untuk ke depannya dapat dilaksanakan kegiatan serupa dengan melibatkan peserta yang lebih banyak lagi” kata Said Hartanta SKep Ns.

BACA JUGA:Tim PPMT UNIMMA Bantu Peningkatan Tras Mart, Ini yang Dilakukan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: