Jumlah UMKM di Kota Magelang Capai 10 Ribu Didominasi Kalangan Ibu Rumah Tangga

Jumlah UMKM di Kota Magelang Capai 10 Ribu Didominasi Kalangan Ibu Rumah Tangga

Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz menggelar dialog dengan para pelaku UMKM, Kamis 27 Juli 2023 di IKM Center Kota Magelang.--

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Magelang mencatat hingga semester pertama tahun 2023 jumlah usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mencapai 10.526 unit di semua klasifikasi.

"Di Kota Magelang saat ini ada 10.526 UMKM dari berbagai tingkatan, mulai pemula, menengah, dan UMKM tingkat atas," kata Kepala Disperindag Kota Magelang, Syaifullah, Jumat 28 Juli 2023.

Dari ribuan pelaku UMKM tersebut, Syaifullah menyebut bahwa dominasi para pelakunya merupakan ibu rumah tangga.

Sebagian dari mereka mengembangkan usaha sampingan melalui UMKM. Oleh karena itu, Pemkot Magelang terus berupaya memberikan pendampingan agar usaha para ibu rumah tangga ini bisa berhasil dan berkembang lebih baik lagi.

"Salah satu yang kami berikan pendampingan adalah soal kepengurusan administrasi usaha. Kami bahkan jemput bola untuk pengurusan NIB, PIRT, sertifikat halal dan lainnya sampai nanti ke arah uji BPOM," ujarnya.

BACA JUGA:Revitalisasi Dimulai, Terminal Tipe A Tidar Magelang Bakal Dilengkapi Ruang Bagi UMKM

Namun untuk memberikan legalisasi kepada para pelaku UMKM tersebut, lanjutnya, pemerintah membutuhkan penyaringan terlebih dahulu.

Tidak semua UMKM bisa mendapat NIB, PIRT, sertifikat halal, dan administrasi lainnya.

"Saat ini kami jaring dulu para pelaku UMKM di tingkat RT dan RW ini untuk nanti kami tindaklanjuti agar usaha mereka berkembang dan lebih baik,” jelasnya.

BACA JUGA:Kontingen Kota Magelang Ditarget Finish 10 Besar Porprov 2023 di Pati Raya

Tren kenaikan jumlah UMKM di Kota Magelang ini menjadi angin segar perekonomian daerah. Pasalnya, Kota Magelang tidak memiliki sumber daya alam (SDA) yang cukup, sehingga sektor jasa menjadi satu-satunya sektor paling potensial mengangkat kesejahteraan masyarakatnya.

"Bidang jasa harus terus kita genjot, termasuk pelaku UMKM," terangnya.

BACA JUGA:Strategi Pemkot Magelang Buka Jalan Bagi Penyandang Disabilitas Menuju Insan yang Berdaya

Sementara itu, Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz mengatakan, saat ini Disperindag telah melakukan pemetaan UMKM di tingkat RT dan RW yang belum produktif agar ditingkatkan kemampuan mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres