Womenpreneur Miliki Peran Strategis bagi Ekonomi Nasional

Womenpreneur Miliki Peran Strategis bagi Ekonomi Nasional

WORKSHOP. Direktur Tata Kelola Ekonomi Digital Kemenparekraf/Baparekraf, Yuana Rochma Astuti saat membuka lokakarya kewirausahaan perempuan di bidang teknologi sebagai rangkaian SheHacks 2023, Senin, 31 Juli 2023 di Auditorium Unimma.-Heni Agusningtiyas-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Data BPS tahun 2021 mencatat perempuan mengelola 64,5 persen dari total UMKM di Indonesia.

Ini menjadi bukti bahwa perempuan di Indonesia khususnya Womenpreneur memiliki peran yang strategis terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Walaupun kondisi saat ini, masih ada pandangan stereotip yang kuat terhadap peran dan kemampuan perempuan dalam dunia kerja, khususnya di bidang Teknologi. Terdapat studi dalam industri Sains, Teknologi, Engineering dan Matematika (STEM) hanya 2 dari 10 perempuan memilih berkarir secara profesional di bidang STEM.

Direktur Tata Kelola Ekonomi Digital Kemenparekraf/Baparekraf, Yuana Rochma Astuti, mengatakan pada bidang kewirausahaan, perempuan memiliki peranan dan potensi yang luar biasa di dalam perekonomian.

BACA JUGA:Workshop Peningkatan Kapabilitas GTK SMK Keunggulan Skema Reguler Lanjutan SMKN 2 Magelang

Pihaknya mengapresiasi program SheHacks 2023 yang telah mendukung perkembangan talenta digital khususnya pada perempuan.

"Melalui program SheHacks 2023, memberikan peluang kepada para wanita untuk mendapatkan pelatihan, jaringan bisnis, dan pendampingan, guna mengembangkan segala ide dan inovasi yang dimiliki. Kegiatan ini juga mengembangkan komunitas yang tersebar khususnya pada lima Destinasi Super Pariwisata. Di mana hal ini sejalan dengan arahan presiden pada perhelatan ASEAN Summit di Labuan Bajo pada Mei lalu, untuk memperkokoh ekosistem pariwisata yang tangguh, inklusif, dan berkelanjutan," ujarnya saat membuka acara lokakarya kewirausahaan perempuan di bidang teknologi sebagai rangkaian SheHacks 2023, Senin, 31 Juli 2023 yang untuk pertama kalinya diadakan di Magelang.

SheHacks Innovate di Magelang (Borobudur) diikuti lebih dari 75 pelaku usaha lokal untuk bergabung dan berbagi pengalaman sesuai bisnis mereka masing-masing. Antusiasme yang tinggi terlihat dari jumlah peserta yang mendaftar melalui website sejumlah lebih dari 9.250 user dengan lebih dari 8.750 pesertanya pada tahap ideation dan 500 di antaranya adalah startup yang tergolong Most Viable Product (MVP).

BACA JUGA:5 Bakso Terenak di Magelang Ada Bakso Pak Sholeh, Pak Granat, dan Bakso Uleg

Nantinya, agenda berupa workshop offline selama 2 hari akan dibagi dalam 3 tahapan yaitu Formation Team, Building Solution, dan Showcase.

Workshop tersebut menghadirkan Ratih Rachmatika, Founder SIAB, salah satu pemenang SheHacks 2022 dan Astri Saraswati Iskandar, Co-founder Agradaya. Program ini diharapkan dapat membantu 15 startup (UKM) yang telah disaring melalui kesempatan belajar tentang Business Model, Market Validation, Prototyping & Pitching.

Program ini juga akan memilih 3 bisnis terbaik di setiap lokasinya untuk dipilih bersama oleh publik (People’s Choice) pada akhir program.

Kegiatan ini merupakan dukungan Indosat kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), dalam pemanfaatan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) guna memaksimalkan pemberdayaan sumber daya manusia dalam pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia termasuk di Magelang (Borobudur).

BACA JUGA:Cabor Sepakbola Kota Magelang Gelar Latih Tanding Jelang Porprov 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres