Melihat Bakat Prestasi Siswa, SMP Negeri 8 Magelang Gelar Tes Diagnostik

Melihat Bakat Prestasi Siswa, SMP Negeri 8 Magelang Gelar Tes Diagnostik

MENGERJAKAN. Siswa SMPN 8 Magelang (Spenapan) Tes Diagnostik untuk membantu melihat prestasi siswa, Selasa, 1 Agustus 2023.-Istimewa-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - SMP Negeri 8 Magelang menggelar tes diagnostik (Psikologi) untuk siswa kelas 7, Sabtu, 29 Juli 2023.

Tes Diagnostik ini diikuti oleh peserta didik kelas VII SMP Negeri 8 yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah 220 peserta.

Penyelenggaraan tes ini bertujuan untuk membantu sekolah dalam membina dan membimbing siswa dalam meraih prestasi yang optimal, dapat memetakan pola pikir siswa, gaya belajar dan juga bisa menentukan bakat minat dan kemampuannya untuk ditingkatkan di kelas ekstrakurikuler nantinya.

Seluruh siswa kelas VII melakukan tes psikologi di ruang kelas masing-masing, yang didampingi oleh tim dari Lembaga Psikologi Psikoanalisa.

BACA JUGA:BP Jamsostek Magelang Gandeng Komunitas Toko Grosir untuk Lindungi Seluruh Pekerjanya

Kepala SMP Negeri 8, Tri Kusnandi, menyampaikan tahun ajaran 2023/2024 ini sekolahnya telah melaksanakan Kurikulum Merdeka dengan modal mandiri berubah untuk kelas VII dan VIII.

Khususnya bagi siswa baru kelas VII untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar, gaya belajar serta jenis kecerdasan mereka maka dibutuhkan tes diagnostik membantu guru BK dan mata pelajaran agar dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas memungkinkan mereka untuk merencanakan pembelajaran yang tepat untuk memenuhi kebutuhan belajar individu siswa.

"Tes psikologi ini diadakan untuk menyesuaikan pengajaran yang akan direncanakan dan dilaksanakan dengan hasil tes diagnostik. Guru dapat menyesuaikan metode pengajaran mereka agar sesuai dengan tingkat pemahaman siswa. Ini membantu meningkatkan efektivitas pengajaran dan pembelajaran di kelas," jelas Andi begitu sapaan akrab kepala sekolah.

BACA JUGA:5 Bakso Terenak di Magelang Ada Bakso Pak Sholeh, Pak Granat, dan Bakso Uleg

Drs Sudarmadi selaku Ketua Komite SMP Negeri 8 Magelang sekaligus pemilik Lembaga Psikologi Psikoanalisa menjelaskan bahwa Langkah awal proses tes ini yaitu melalui dengan mengajukan proposal kerja sama ke Dinas Pendidikan untuk melayani tes di sekolah-sekolah. Kemudian dari Kepala Dinas Pendidikan direkomendasikan dan diizinkan melayani di sekolah-sekolah. Dari rekomendasi tersebut, nantinya akan diberi tahu informasi bahwasanya terdapat tes psikologi di wilayah Kota Magelang.

Dalam pelaksanaannya, tes diagnostik SMP Negeri 8 Magelang diberikan soal diagnostic (psikologi) di mana peserta didik membawa perlengkapan pensil 2B dan penghapus sebagai media.

"Waktu pelaksanaan tes diagnostik bergantung petugas testernya sendiri, dan juga tergantung dari anak-anaknya. Jika anak-anak tergolong cerdas biasanya diberi penjelasan sekali sudah paham. Hasil dari tes diagnostik juga bergantung pada kesepakatan, waktu maksimal penilaian yaitu 1 bulan," terang Sudarmadi. (hen/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres