LUAR BIASA! Akan Ada Karnaval Pembangunan HUT ke-78 RI di Kota Magelang

LUAR BIASA! Akan Ada Karnaval Pembangunan HUT ke-78 RI di Kota Magelang

Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz memastikan perayaan HUT RI tahun ini akan dilaksanakan karnaval pembangunan.--

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Setelah vakum selama 3 tahun akibat pandemi Covid-19, untuk pertama kalinya Karnaval Pembangunan bakal diadakan lagi di Kota Magelang.

Karnaval Pembangunan merupakan agenda tahunan yang diadakan Pemkot Magelang untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia.

Meski demikian, jika sebelumnya pelaksanaan Karnaval Pembangunan dipusatkan di Alun-alun hingga Jalan Pemuda, tahun ini ada nuansa yang berbeda.

Betapa tidak, lantaran Karnaval Pembangunan akan diadakan di kawasan Gelora Sanden, Magelang Utara, Kota Magelang. Hanya saja, untuk waktunya masih dirapatkan Pemkot Magelang.

Walikota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz mengatakan, pawai atau karnaval kebudayaan bakal dilaksanakan lagi setelah vakum akibat pandemi Covid-19.

"Tapi tempatnya akan digelar di Gelora Sanden. Dulu waktu saya kecil selalu ada pawai, tahun ini harus ada lagi, tapi tempatnya di Gelora Sanden," kata Muchamad Nur Aziz di sela Rapat Pleno Besar Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI tingkat Kota Magelang di Aula Adipura Kencana kompleks Kantor Pemkot Magelang, Senin, 7 Agustus 2023.

BACA JUGA:Penarik Becak Keluhkan Pita Kejut di Jalur Sepeda, Dishub Kota Magelang Jelaskan Alasannya

Alasan dirinya memindah pelaksanaan Karnaval Pembangunan dari Alun-alun menuju kompleks Stadion Moch Soebroto dan GOR Samapta ini karena tidak ingin memberatkan aparat kepolisian.

"Saya tidak ingin memberatkan jajaran kepolisian (lalu lintas), buat pawai nanti muter dan ada drumband anak-anak, pentas seni dan banyak lagi. Itu jadi semacam kegiatan baru bagi masyarakat," ujarnya.

Dia juga meminta, masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) untuk memeriahkan pawai tersebut. Namun, kali ini kemeriahan tidak saja diwujudkan dalam bentuk mobil hias.

"Tapi tidak usah pakai mobil hias. Kegiatan nanti kita fokuskan di Stadion Moch Soebroto supaya memecah keramaian, tidak terpusat di satu titik saja," tandasnya.

BACA JUGA:Klasemen Terbaru Porprov 2023 Hari Ketiga: Kota Magelang Urutan 18, Kabupaten Magelang Melesat ke Posisi 14

Menurut Aziz, acara hiburan rakyat seperti pawai dan kegiatan lainnya perlu diupayakan di Kota Magelang. Dengan begitu, akan banyak masyarakat yang memanfaatkan potensi keramaian untuk memingkatkan pendapatan ekonomi mereka.

"Misalnya membuat expo, pasar rakyat, dan lain sebagainya sehingga angka pengangguran dan kemiskinan bisa terus berkurang," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres