LUAR BIASA! Akan Ada Karnaval Pembangunan HUT ke-78 RI di Kota Magelang

LUAR BIASA! Akan Ada Karnaval Pembangunan HUT ke-78 RI di Kota Magelang

Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz memastikan perayaan HUT RI tahun ini akan dilaksanakan karnaval pembangunan.--

Sementara itu, Penjabat Sekda Kota Magelang, Larsita menambahkan, sedikitnya ada 15 kegiatan pokok dan 10 kegiatan pendukung mulai dari upacara bendera, doa bersama lintas agama, hingga beragam perlombaan dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan ke-78 RI.

"Sebanyak 15 kegiatan pokok dimulai sejak tanggal 14-16 Agustus 2023 yakni gladi bersih, pengukuhan Paskibraka dan mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI di Pendopo Pengabdian," terangnya.

BACA JUGA:Jangan Langsung Mendaki Gunung! Cobalah Latihan di Gunung Tidar Bagi Pendaki Pemula

Kemudian, pada tanggal 16 Agustus 2023 digelar malam tasyakuran di Alun-alun Kota Magelang yang dibarengi dengan doa lintas agama di rumah ibadah/tempat di sekitarnya. Umat Islam di Masjid Agung, Kristen di Gereja GPIB BETH-EL, Katolik di Gereja ST Ignatius, Hindu di Gedung Loka Budaya, Buddha dan Konghucu di Klenteng Liong Hok Bio, dan umat Sinar Kasih Tao di Pendopo Diklat Kementerian Keuangan.

Menjelang tengah malam, pukul 24.00 WIB dilakukan Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP I Giri Dharmo Loyo.

"Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di mana doa bersama dilakukan di satu tempat, untuk tahun ini doa bersama dilakukan di rumah ibadah/tempat masing-masing sehingga lebih khidmat," kata Larsita.

Pada 17 Agustus 2023, diawali dengan Adhi Bangkit di masing-masing rumah para pejabat daerah, upacara pengibaran bendera merah putih di Puncak Gunung Tidar dan setiap kelompok OPD, dan upacara pengambilan duplikat bendera merah putih di halaman Kantor Walikota Magelang.

BACA JUGA:DCS Kota Magelang Diumumkan 19 Agustus Mendatang, Masyarakat Diminta Beri Tanggapan

Adapun upacara pengibaran duplikat bendera merah putih dan detik-detik Proklamasi akan dihelat di Lapangan Tentara I Rindam IV/Diponegoro mulai sekitar pukul 09.00 WIB.

"Pada saat detik-detik Proklamasi pada pukul 10.17-10.20 WIB, sesuai dengan instruksi pemerintah, masyarakat diimbau untuk menghentikan kegiatan selama 3 menit untuk menghormati detik-detik Proklamasi," kata Larsita.

Untuk kegiatan pendukung, sudah dijalankan sejak 15 Juli 2023 lalu. Perayaan masih akan digelar dengan berbagai penampilan dan hiburan hingga 10 September 2023.

"Ada lomba Pramuka, gerakan pembagian bendera merah putih, wayang kulit tema pendidikan, pemberian remisi di Lapas Kota Magelang, kejuaraan olahraga dan Gerak Jalan 45 di Sport Center Gelora Sanden," paparnya.

BACA JUGA:HEBAT! Sepatu Roda Sumbangkan Medali Emas Perdana untuk Kota Magelang di Ajang Porprov 2023

Kemudian, ada parade musik lintas genre dan Borobudur Sparkle di Alun-alun, Haul Syeh Subakir di Sub Terminal/Kebun Raya Gunung Tidar, dan diakhiri dengan Pekan Raya Magelang di GOR Samapta.

"Namun begitu masih banyak kegiatan yang digelar oleh masyarakat secara swadaya di tingkat RT/RW/Kelurahan," pungkasnya. (wid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres