Bahagianya Petani Cabai di Temanggung, Harga Jual Semakin Naik

Bahagianya Petani Cabai di Temanggung, Harga Jual Semakin Naik

PETIK. Salah satu petani cabai di Kecamatan Tlogomulyo sedang memetik cabai di lahan Selasa 15 Agustus 2023-Setyo wuwuh/temanggung ekspres-MAGELANG EKSPRES

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Petani cabai di Kecamatan Tlogomulyo mulai tersenyum lebar, soalnya harga jual cabai kian semakin naik. Saat ini harga jual cabai sudah mencapai Rp37.000 per kilogram.

"Ini untuk cabai jenis sret (setan merah), tapi memang semua jenis cabai saat ini mulai naik semua harganya," kata Yudha salah satu petani cabai di Kecamatan Tlogomulyo, Rabu, 15 Agustus 2023.

Menurutnya, harga jual cabai sempat hancur, bahkan harganya sampai di angka Rp9.000 per kilogram. Harga ini sempat bertahan hingga beberapa bulan.

Padahal katanya, saat itu produksi cabai di tingkat petani sedang sedikit, namun harga jualnya justru turun bebas. Kondisi ini membuat petani mengalami kerugian yang cukup banyak.

BACA JUGA:Anggaran Penanganan Stunting di Temanggung Rp10,5 Miliar, Fraksi DPRD Minta Evaluasi

Disampaikan, harga jual cabai mulai merangkak naik sejak beberapa pekan terakhir ini, naiknya pun sangat lambat, muli dari Rp14.000 kemudian naik lagi menjadi Rp17.000 dan terus naik sampai Rp25.000. Dan saat ini sampai dengan Rp37.000 per kilogram.

Mahrus petani lainnya juga menuturkan hal yang sama. Menurutnya saat ini cabai menjadi salah satu komoditas unggulan bagi petani selain kopi, tembakau dan tanaman sayuran lainnya.

Sehingga lanjutnya, hasil dari cabai sangat diharapkan petani, apalagi di tengah kondisi ekonomi yang tidak menentu seperti saat ini.

"Cabai menjadi tanaman penyanggah, sebelum panen tembakau, hasil dari cabai ini sangat diharapkan petani,” tuturnya.

BACA JUGA:Kualitas Tembakau Temanggung Tahun Ini Bagus, Petani Inginkan Harga Jual Tinggi

Ia berharap, harga jual cabai ke depan bisa semakin bagus, karena saat ini tanaman cabai sudah mulai berkurang seiring dengan datangnya musim kemarau.

"Harapan kami bisa lebih dari Rp50.000 per kilogram, sehingga petani bisa mendapatkan untung yang banyak," harapnya.

Terpisah Kepala Dinas Koperasi Perdagangan dan UMK Temanggung Entargo Yutri Wardono mengatakan, meskipun harga cabai saat ini sudah mulai naik, namun harganya masih bisa terjangkau oleh masyarakat.

Selain itu lanjutnya, pasokan cabai dari petani masih cenderung stabil, sehingga kebutuhan masyarakat akan cabai masih bisa terpenuhi dari daerah Temanggung saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres