Karnaval Pembangunan Secang Kabupaten Magelang Meriahkan Perayaan HUT ke-78 RI

Karnaval Pembangunan Secang Kabupaten Magelang Meriahkan Perayaan HUT ke-78 RI

Bupati Magelang Zaenal Arifin didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang, Christanti Handayani Zaenal Arifin dan jajaran Forkompimcam Secang saat menyaksikan Karnaval Pembangunan Tingkat Kelurahan Secang.--

MAGELANG, MAGELANG EKSPRES -- Prosesi karnaval pembangunan di Secang, Kabupaten Magelang, berlangsung meriah, Jumat 18 Agustus 2023 lalu.

Karnaval ini diikuti setidaknya 134 kontingen yang terdiri dari RT/RW se-Kelurahan Secang, lembaga pendidikan Paud, TK, SD Negeri/swasta, Mi Negeri, Madrasah Ibtidaiyah, SMP N, Mts se-Kecamatan Secang.

Bupati Magelang, Zaenal Arifin mengatakan, karnaval pembangunan dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 RI adalah bentuk peran serta masyarakat dalam menjaga pelestarian budaya daerah.

Menurutnya, kearifan lokal sebagai warisan leluhur, seperti karnaval pembangunan setiap momen HUT RI ini wajib dipertahankan semua pihak.

"Semoga kegiatan ini dapat menambah semarak dan semangat kita dalam memperingati HUT ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, serta dalam rangka mengisi kemerdekaan," kata Zaenal Arifin.

BACA JUGA:Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti: Karnaval Jangan Sekadar Rutinitas Belaka

Karnaval Pembangunan Kelurahan Secang ini menampilkan berbagai potensi unggulan, baik potensi budaya, ekonomi, kelembagaan, kesenian, pendidikan dan potensi unggulan lainnya.

"Melalui karnaval ini kita dapat bersama-sama menyaksikan bahwa di wilayah Secang ternyata tersimpan berbagai potensi unggulan yang bisa dijadikan modal bagi pembangunan di Kabupaten Magelang," ungkapnya.

BACA JUGA:Waspadai Kampanye Terselubung Bacaleg Jajaran Panwas Diinstruksikan Awasi Agustusan Di Magelang

Dia juga berpesan, masyarakat Kecamatan Secang agar turut terlibat dalam pembangunan yang menjadi prioritas di Pemkab Magelang.

Sejumlah rencana pembangunan itu meliputi berbagai bidang seperti keagamaan, pendidikan, kesehatan, penanggulangan kemiskinan, infrastruktur, pertanian, hingga UMKM.

"Tidak hanya hiburan semata, melainkan juga membangun soliditas, merekatkan kebersamaan dan keharmonisan sosial dalam melestarikan seni budaya serta menanamkan rasa nasionalisme bagi generasi penerus bangsa," tuturnya.

BACA JUGA:Upacara HUT RI di Kabupaten Magelang Berlangsung Khidmat, Peserta Kenakan Pakaian Adat

Sementara itu, Ketua Panitia Karnaval Pembangunan, Asnawi menyebutkan, karnaval pembangunan ini terselenggara adanya swadaya masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres