Pakai Listrik PLN Hemat 60 Persen, Wakil Bupati Purworejo Apresiasi Dukungan PLN untuk Ekonomi Pesisir

Pakai Listrik PLN Hemat 60 Persen, Wakil Bupati Purworejo Apresiasi Dukungan PLN untuk Ekonomi Pesisir

Ceremonial Penyalaan Serentak Sektor Agrikultur, pada Selasa, 22 Agustus 2023. -Dok. PLN-ISTIMEWA

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID -- PT PLN (Persero) melalui program Electrifying Agriculture mampu meningkatkan produktivitas dan pendapatan usaha petambak udang di Desa Patutrejo, Grabag, Kabupaten Purworejo. 

Salah satu pemilik tambak udang, Siska, mengaku berhasil menghemat biaya operasional hingga 60 persen dari dampak beralihnya mesin diesel ke listrik.

“Sebelum menggunakan listrik, saya menghabiskan biaya operasional untuk mesin diesel Rp 35.000/malam untuk satu titik, sedangkan dengan menggunakan mesin elektrik saya hanya menghabiskan rata-rata 7 kWh atau setara dengan Rp 7.700/malam,” ujarnya.

BACA JUGA:PLN Magelang Dukung Sektor Peternakan dengan Program Electrifying Agriculture

Siska menambahkan, dengan begitu listrik sangat penting bagi para petambak. Tidak hanya menghemat biaya operasional hingga 60 persen, tetapi juga bisa meningkatkan produktivitas dan menjadi lebih ramah lingkungkan.

Sementara itu, Wakil Bupati Purworejo, Yuli Hastuti juga memberikan apresiasi kepada PLN atas program Electrifying Agriculture yang telah memberikan kemudahan bagi para petambak di daerahnya.

Dia berharap, nantinya tidak hanya bagi para pelaku usaha tambak yang dapat dengan mudah mengakses listrik tetapi juga para pelaku usaha lainnya, sehingga masyarakat Purworejo dan sekitarnya dapat meningkatkan kesejahteraannya.

“Kami dari pemerintah Kabupaten Purworejo sangat menyambut baik program ini, para petambak merasa terbantu dan dimudahkan walaupun membutuhkan perluasan jaringan yang panjang,” ungkap Yuli Hastuti dalam seremoni Penyalaan Serentak Sektor Agrikultur, Selasa, 22 Agustus 2023.

BACA JUGA:Hati-hati! Modus Penipuan Penggantian ID Pelanggan Mengatasnamakan PLN

Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan DIY, Ari Prasetyo Nugroho menyampaikan, program Electrifying Agriculture merupakan bentuk dukungan PLN untuk peningkatan produktivitas usaha masyarakat dan pelaku usaha di bidang pertanian, perkebunan, hingga perikanan melalui pemanfaatan listrik untuk kegiatan operasionalnya.

Hal ini juga selaras dengan komitmen PLN dalam membantu untuk pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

“Program Electrifying Agriculture di bidang perikanan ini kami sebut Super Chuan, ini terbukti meningkatkan produktivitas dan efisiensi bagi para petambak. Sehingga, PLN tidak hanya sekedar menerangi, tetapi juga mampu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Kami akan terus mendukung dan memberikan pelayanan terbaik dengan sistem kelistrikan yang andal agar membawa kenyamanan dan manfaat bagi masyarakat,” kata Ari Prasetyo.

BACA JUGA:The Sin Nio yang Dijuluki Mulannya Indonesia Ternyata Seorang Veteran Peranakan Tionghoa

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Magelang, Hanfi Adrhean Abidin menjelaskan, PLN siap mendukung pertumbuhan ekonomi di seluruh daerah melalui program Electrifying Agriculture. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres