8 Formasi CPNS untuk Lulusan SMA/Sederajat. Cek Detailnya di Sini!

8 Formasi CPNS untuk Lulusan SMA/Sederajat. Cek Detailnya di Sini!

Penerimaan CPNS Formasi SMA/Sederajat 2023-Tangkapan layar-ISTIMEWA

MAGELANG EKSPRES -- Pendaftaran Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) yang meliputi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2023 akan segera dibuka. 

Mengacu pada surat BKN Nomor 8229/B-KS.04.01/SD/K/2023 tertanggal 21 Agustus 2023, jadwal pelaksanaan seleksi CASN akan dibuka pada 17 September 2023 dengan 572.496 formasi tersedia. 

Tidak hanya untuk lulusan perguruan tinggi, Seleksi CASN 2023 juga membuka kesempatan untuk lulusan SMA/Sederajat pada beberapa formasi. 

BACA JUGA:Kisi-kisi Materi Bahasa Indonesia Tes CASN dan Contoh Soalnya Terbaru Seleksi 2023

Berikut daftar Instansi yang membuka formasi pada pembukaan CPNS 2023 untuk lulusan SMA/Sederajat : 

1. Kejaksaan RI

Pada penerimaan CPNS 2023, Kejaksaan RI membuka empat posisi dengan ribuan kuota atau formasi yang diperuntukkan bagi berbagai jenjang.

Dari keempat posisi, dua diantaranya memiliki syarat pendidikan minimal SMA/Sederajat yakni Petugas Barang Bukti dengan 1.446 formasi dan Penjaga Tahanan sebanyak 2.258 formasi. 

Adapun syarat untuk pendaftar CPNS lulusan SMA/Sederajat di Kejaksaan RI adalah diutamakan memiliki kemampuan bela diri dan dapat mengoperasikan komputer. 

BACA JUGA:10 Bocoran Soal Tes CASN Terbaru Tahun 2023, Hati-hati Banyak Soal Jebakan

2. Kementerian Hukum dan HAM

Mengacu pada formasi CPNS 2021, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dikabarkan akan membuka sejumlah formasi CASN untuk lulusan SMA/Sederajat. 

Formasi tersebut yaitu Penjaga Tahanan Pria, Penjaga Tahanan Wanita, Pemeriksa Keimigrasian, Pengawal Wali, Pengemudi Pengawal Tahanan, Pemula Pranata Komputer, Penjaga Tahanan, Penyelamat Pemula, Pengadministrasian Keuangan, serta Keamanan Penerbangan.  

3. Kementerian Lingkungan Hidup 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres