Waduh! 20 Kawasan di Wonosobo Terancam Kekeringan Dampak El Nino

Waduh! 20 Kawasan di Wonosobo Terancam Kekeringan Dampak El Nino

PDAM Tirta Aji melakukan perbaikan terhadap putusnya saluran pipa air akibat longsor di Kampung Jewantah Tawangsari di pinggir Sungai Serayu.-DOKUMEN-MAGELANG EKSPRES

WONOSOBO, MAGELANG EKSPRES -- Akibat El Nino, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Aji mewaspadai kemungkinan adanya mata air yang berpotensi kering. Oleh karena itu, Perumda Air Minum Tirta Aji Wonosobo melayangkan informasi kaitannya dengan sejumlah kawasan tentang ancaman gangguan mata air karena El Nino, Selasa 12 September 2023.

Kondisi tersebut menyebabkan wilayah yang termasuk dalam pengairan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Aji, khususnya di cabang pahlawan Kabupaten Wonosobo.

Dalam keterangannya, PDAM Tirta Aji memberitahukan bahwasanya dengan kondisi kemarau panjang tersebut mengakibatkan jumlah debit air pada mata air mengalami penurunan.

"Sehubungan dengan dampak El Nino dan kemarau panjang, maka beberapa wilayah akan mengalami gangguan (persediaan airnya)," terangnya dalam sebuah kanal sosial media.

BACA JUGA:DPC PDI Perjuangan Wonosobo Disambangi Bawaslu, Ada Apa?

Disampaikan, 20 wilayah tersebut terbagi menjadi empat kecamatan yaitu Kecamatan Wonosobo, Selomerto, Watumalang, dan Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo.

Untuk Kecamatan Wonosobo terdiri dari Dusun Paguan Jogoyitnan, Kedeling Wonolelo, Wonosuko Wonolelo, Sribit Wonolelo, Kedawung Wonolelo, Wonontoro Wonolelo, dan Dusun/desa Wonolelo.

Kemudian Dusun Bangsari Wonosari, Mendolo Bumireso, Brokoh Pancurwening, Mirombo Rojoimo, dan Desa Wonosobo Barat Kecamatan Wonosobo.

Selain itu, untuk Kecamatan Selomerto terdiri dari Dusun Pucung Pandak Sidorejo, Kresek Sinduagung, Wilayu Sinduagung, Wilayu Jurang, Kalilunjar Tumenggungan, dan Dusun Madulia Ngadimulyo.

BACA JUGA:Jelang Pemilu, ASN Wonosobo Diminta Netral dan Tidak Berpolitik Uang

Sementara dampak di wilayah lain juga dirasakan oleh Desa Keseneng Kecamatan Mojotengah dan Desa Binangun Kecamatan Watumalang, Kabupaten Wonosobo.

"Gangguan tersebut akan terjadi tiga hari sejak Senin 11 September ini sampai lusa besok. Untuk hari ini mulai pukul 15.00 - 22.00 WIB. Sementara besok mulai sejak malam pukul 20.00 - 05.30 WIB," jelasnya.

BACA JUGA:Harga Beras di Wonosobo Menjulang Tinggi

PDAM Tirta Aji Wonosobo mengimbau agar masyarakat yang terkena dampak musim kemarau, hendaknya mengurangi penggunaan air dalam volume tinggi. Pasalnya, debit air yang tersedia hingga saat ini sedang dalam situasi krisis. (Mg7)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres