5 Makanan Ini bisa Bantu Kamu Menghilangkan Kecemasan dan Depresi

5 Makanan Ini bisa Bantu Kamu Menghilangkan Kecemasan dan Depresi

Makanan penghilang cemas & depresi--freepik

MAGELANGEKSPRES - Ketahui inilah Makanan Ini bisa Bantu Kamu Menghilangkan Kecemasan dan Depresi. Akhir-akhir ini tingkat depresi dan kecemasan seseorang semakin tinggi karenda adanya dunia baru yaitu internet.

Banyak sekali orang jaman sekarang menghabiskan waktunya untuk berselancar di Internet, entah untuk main sosmed melihat gaya hidup artis yang serba mewah,  melihat hiburan yang kadang gak ada manfaatnya, dan selalu kalah ketika bermain game online.

Jika kebiasaan itu terjadi terus menerus, maka akan dapat mempengaruhi seseorang untuk terjangkit penyakit depresi dan kecemasan sosial.

BACA JUGA:7 Makanan yang Cocok Untuk Diet, Bisa Dicoba

Untuk mengatasi hal itu, kali ini ada beberapa makanan yang cocok untuk mengurangi kecemasan dan depresi.

Berikut lima makanan yang dapat membantu menghilangkan kecemasan dan depresi:

1. Chamomile


Chamomile-8photo-Canva

Chamomile merupakan ramuan yang bisa membantu meringankan kecemasan.

Kandungan sifat antioksidan dan anti-inflamasi di dalamnya dapat mengurangi peradangan terkait dengan kecemasan.

Dilansir dari Healthline, Chamomile dipercaya dapat membantu mengatur neurotransmitter yang berhubungan dengan suasana hati yang merujuk pada dopamin dan serotonin.

Sebuah penelitian pada tahun 2017 mengamati 179 orang dewasa dengan gangguan kecemasan. Dari penelitian tersebut, selama lima tahu partisipan yang mengonsumsi 1.500 miligram ekstrak chamoline per hari mengalami gejala gangguan kecemasan umum yang jauh lebih rendah.

2. Salmon


Salmon-Yastremkaloga-freepik

Salmon mempunyai kandungan vitamin D, asam lemak omeha-3, asam docosahexaenoic (DHA) dan asam eicosapentanoic (EPA) yang berpengaruh penting terhadap kesehatan otak dan mental.

penelitian melaporkan bahwa pria yang teratur makan salmon Atlantik tiga kali dalam seminggu dan dalam kurun waktu hampir enam bulan mendapatkan hasil yang positif bagi kesehatan mental dan gejala kecemasan.

Para peneliti percaya bahwa dampak yang ditimbulkan karena tingginya jumlah vitamin D, DHA, dan EPA yang ditemukan dalam tubuh ikan salmon.

3. Cokelat Hitam


Cokelat Hitam--freepik

Cokelat hitam kaya akan serat, zat besi, magnesium, dan antioksidan. Biasanya orang-orang memakannya sebagai camilan karena memiliki banyak manfaat dalam kesehatan dan dianggap sebagai makanan super.

Dari hasil penelitian pada tahun 2019 oleh University College di London, orang yang mengonsumsi cokelat hitam memiliki kemungkinan jauh lebih rendah untuk mengalami gejala depresi, dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi cokelat sama sekali.

Sedangkan menurut American Psychiatric Association, dampak yang sama tidak ditemukan pada cokelat susu.

4. Blueberry


Blueberry--freepik

Blueberry dipercaya dapat membantu meredakan kecemasan dan meringankan perasaan depresi karena kandungan antioksidan yang tinggi.

Pada tahun 2020, sebuah studi menemukan bahwa remaja yang rutin mengonsumsi blueberry selama satu bulan memiliki gejala depresi yang lebih rendah.

Dilansir dari Dessert News, Blueberry memiliki kandungan vitamin, mineral, serat, dan memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

5. Kacang-Kacangan


Kacang-kacangan-jcomp-freepik

Terakhir adalah kacang-kacangan, termasuk almond, kenari, hazelnut, pistachio, dan kacang mete.

Makan kacang setiap hari sangat membantu enjaga kesehatan mental dan menjaga risiko depresi.

Dilansir dari Jurnal Clinical Nutrition, bahwa mengonsumsi segenggam kacang setiap hari dapat menurunkan risiko depresi sebesar 17 persen.

BACA JUGA:BREAKING NEWS! Kebakaran Dieng Malam Ini Hanguskan Lahan Hutan di Dekat PT Geo Dipa Energi

Itulah beberapa makanan yang mampu mengurangi depresi dan kecemasan. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: