Simak Kisi-kisi Lengkap dengan Contoh Soal SKD CPNS 2023, Pendaftar Wajib Tahu!

Simak Kisi-kisi Lengkap dengan Contoh Soal SKD CPNS 2023, Pendaftar Wajib Tahu!

Serba-serbi tes SKD CPNS 2023: Kisi-kisi dan contoh soal CPNS 2023 -jesicajane -pinterest

MAGELANGEKSPRES -- Tahun 2023, pemerintah kembali membuka formasi PNS melalui seleksi CPNS 2023. Pendaftar wajib mengikuti berbagi tahapan dalam seleksi nasional ini. 

Sejak tanggal 20 September 2023, pendaftaran CPNS dibuka. Pendaftar harus mulai mempersiapkan diri. Hal yang sangat penting untuk dipersiapkan adalah tes. 

Diketahui tes CPNS 2023 terdiri dari eleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

SKD merupakan tes CPNS yang bertujuan untuk melihat bagaimana kesesuaian kompetensi yang dimiliki peserta dengan bidang yang dituju dengan standar kompetensi dasar PNS Republik Indonesia. 

Dalam tes SKD CPNS sendiri memiliki durasi pengerjaan sebanyak 100 menit  dengan 110 soal. 

SKD terdiri beberapa sub tes yang wajib dikerjakan, di antaranya adalah Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sebanyak 30 soal, Tes Intelegensi Umum (TIU) 30 soal, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) sebanya 40 soal. 

Sebagai bahan acuan untuk dipelajari pendaftar tes CPNS 2023, terdapat kisi-kisi materi tes SKD yang diatur oleh Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia No. 651 Tahun 2023 tentang Nilai Ambang Bats SKD Pengadaan PNS Tahun 2023.

BACA JUGA:10 Jurusan Ini Berpeluang Tinggi Lolos CASN PPPK 2023 Kabupaten Magelang

Berikut ini adalah kisi-kisi tes SKD CPNS 2023 lengkap dengan contoh soalnya. Kisi-kisi ini dapat membantu pendaftar untuk lebih mengenal karakteristik  soal SKD CPNS 2023, berikut kisi-kisinya: 

Tes wawasan kebangsaan (TWK)

Penilaian tes wawasan kebangsaan (TWK) ini meliputi bagaimana penguasaan materi pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan empat pilar kebangsaan Indonesia. 

1. Nasionalisme

Nasionalisme, hal ini mampu mewujudkan kepentingan nasional melalui cita-cita dan tujuan yang sama dengan tetap mempertahankan identitas nasional.

2. Integritas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: