Buntil Daun Talas: Kuliner Khas Magelang yang Menggugah Selera, Cek Disini Cara Membuatnya!

Buntil Daun Talas: Kuliner Khas Magelang yang Menggugah Selera, Cek Disini Cara Membuatnya!

Mengenal Buntil Daun Talas: Kuliner Khas Magelang yang Menggugah Selera Begini Cara Membuatnya --pinterest

MAGELANGEKSPRES - Selain wisatanya yang indah-indah, Magelang juga merupakan daerah di Jawa Tengah yang terkenal dengan beragam kulinernya. Kuliner khas Magelang terasa enak dan menggugah selera. Kalau kamu mampir ke Kota Sejuta Bunga ini, wajib hukumnya untuk mencicipi Buntil.

Buntil merupakan salah satu jenis makanan tradisional khas Magelang yang populer di telinga masyarakat Magelang bahkan di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Buntil dari dulu mampu bertahan di tengah merebaknya banyak makanan kekinian saat ini. 

Nama Buntil bagi sebagian orang yang belum familir dengan nama itu mungkin terdengar lucu, padahal sebenarnya nama buntil ini diambil dari bahasa Jawa. Buntil dalam bahasa Jawa berarti bungkusan yang diuntil-until atau dalam bahasa Indonesianya bungkusan yang diikat-ikat. 

Sebagai salah satu kuliner daerah yang banya disukai orang, Buntil juga cukup populer sebagai salah satu kuliner yang mengandung berbagai nutrisi penting bagi tubuh karena terbuat dari sayuran.

BACA JUGA:7 Rekomendasi Kuliner Enak dan Murah Di Magelang, Kamu Wajib Coba!

Buntil biasanya dijual di warung-warung nasi, sehingga sangat mudah untuk kamu menemukan makanan ini. Harganya pun sangat terjangkau, hanya berkisar antara Rp3000 hingga Rp5000 saja per porsinya. 

Umumnya, buntil menggunakan daun pepaya atau daun singkong sebagai bahan pembungkusnya, tetapi ada yang unik dengan buntil di Magelang.

Di daerah Magelang, Buntil menggunakan daun talas sebagai pembungkus isiannya. Kemudian, dimasak dengan santan kental. 

Daun talas yang dipilih untuk menjadi buntil adalah yang masih muda. Sementara itu, isian dari buntil dapat berupa kelapa, udang, petai, ikat teri, dan lain-lain. 

Buntil daun talas khas Magelang menjadi makanan yang menggugah selera makan. Selain rasanya yang nikmat, bahan-bahan pembuatan Buntil Daun Talas juga dinilai alami dan menyehatkan tubuh. Salah satu yang menjadi sorotan di sini adalah penggunaan daun talas. 

Dilansir dari berbagai sumber, daun talas ternyata mengandung berbagai nutrisi untuk kesehatan, antara lain sebagai antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas dan dapat memelihara kesehatan jantung. 

Tak hanya itu, daun talas juga dapat membantu menjaga berat badan karena rendah kalori, memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga memperlancar pencernaan, menjadi sumber vitamin, sehingga mampu melindungi diri dari berbagai penyakit.  

Nah, agar kamu bisa menikmati Buntil di manapun kamu tinggal, Magelang Ekspres telah merangkum informasi mengenai resep kuliner Buntil Daun Talas khas Magelang. Simak selengkapnya berikut ini! 

Resep Buntil Daun Talas 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: