Ada Goa Purba Menoreh Magelang, Pesona Surga Bawah Tanah Bukit Menoreh

Ada Goa Purba Menoreh Magelang, Pesona Surga Bawah Tanah Bukit Menoreh

Goa Purba : Pesona Surga Bawah Tanah Bukit Menoreh di Magelang-Guilherme Buzzo-canva

MAGELANGEKSPRES – Magelang terkenal dengan pemandangan gunung dan bukit yang mengelilinginya, salah satunya adalah Perbukitan Menoreh.

Bukit Menoreh atau ada juga yang menyebutnya Pegunungan Menoreh adalah pegunungan yang membentang di sebelah barat Kota Yogyakarta.

Pegunungan ini diapit oleh tiga wilayah pemerintahan, yaitu Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Purworejo dan Kabupaten Magelang

Selain keindahan hamparan pepohonan di atas bukit, ternyata warisan alam yang termasuk ke dalam kisah perjuangan Pangeran Diponegero  ini menyimpan surga tersembunyi di bawah kaki bukit, yakni Goa Purba

Goa yang terletak di kawasan hutan Bukit Menoreh, tepatnya di Desa Ngargoretno, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang ini ditemukan sekitar tahun 2006 silam.

BACA JUGA:Menelusuri Kekayaan Kolang-kaling di Menoreh, Buah Segar Mampu Cegah Osteoporosis

Saat itu warga yang tengah membersihkan sekitar puncak marmer Menoreh menemukan lubang goa yang sempat dikira sumur. Namun, wisata Goa Purba ini baru eksis sekitar tahun 2019.

Melansir dari Berita Magelang, setelah proses pembersihan itu, sekitar lokasi goa juga ditata dan diperbaiki termasuk jalan setapak menuju goa purba ini.

Untuk mencapai goa purba pengunjung harus menaiki sekitar 287 anak tangga mulai dari pintu gerbang masuk wisata Museum Alam Marmer Merah Menoreh (Mami).

Kini siapapun dapat menikmati petualangan penuh nyali untuk meliat surga bawah tanah kaki Bukit Menoreh. 

Salah seorang YouTuber dengan akun @atasnamajoe membagikan kisahnya menjelajahi Goa Purba.

Di dalam goa terdapat ruangan dengan tinggi 2,3 m. Terdapat satu lorong yang dahulu menjadi sarang kelelawar.

Ruang utama goa seharusnya diterangi lampu yang menembus ke atas goa.

Namun, saat Joe berkunjung ke dalam goa, hanya ada kabel lampu tanpa bohlam. Untuk kamu yang ingin mengunjungi Goa Purba, sebaikanya membawa persediaan lampu senter masing-masing.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: