Balkondes Saka Pitu Dinobatkan Sebagai Balkondes Terunik di Magelang

Balkondes Saka Pitu Dinobatkan Sebagai Balkondes Terunik di Magelang

Balkondes Saka Pitu Dinobatkan Sebagai Balkondes Terunik di Magelang-@yullsky-INSTAGRAM

MAGELANGEKSPRES -- Balkondes Saka Pitu berada di Tegal Arum, Kabupaten Magelang. Awalnya pembangunan Balkondes ini dilakukan sebagai langkah Kementerian BUMN untuk mengatrol perekonomian di sekitar Candi Borobudur. Dan ternyata, setelah 6 tahun beroperasi wisata Saka Pitu menjelma sebagai Balkondes terunik dari 20 Balkondes lainnya di Borobudur, Magelang.

Pada tahap awal sebenarnya Balkondes Saka Pitu dibangun dengan konsep tempat yang berfungsi sebagai homestay atau penginapan dan kawasan perdagangan.

Memang di antara 20 Balkondes yang ada, Balkondes Saka Pitu di Desa Tegal Arum merupakan salah satu yang cukup unik.

Balkondes yang berasal dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) Angkasa Pura II memiliki bangunan joglo di bagian depan dan tujuh bangunan homestay berbentuk segitiga yang dibangun melingkar.

BACA JUGA:Tak Selalu Harus Candi Borobudur, Ini Dia Pesona 5 Balkondes di Borobudur Magelang

Bangunan joglo yang memiliki arsitektur khas Jawa dipilih sebagai bangunan utama di depan karena memberikan rasa kebersamaan, perlindungan, keakraban, kehangatan, dan keterbukaan bagi penghuninya, yang merupakan kearifan lokal.

Eksterior bangunan yang eksotik, tata letak yang unik, dan latar belakang pegunungan yang hijau membuat Balkondes Saka Pitu sangat cocok sebagai latar belakang foto yang menarik untuk diunggah di media sosial.

Terlebih lagi, jika foto diambil menjelang senja, ketika cahaya matahari mulai redup dan lampu-lampu dinyalakan.

BACA JUGA:20 Balkondes di Borobudur Magelang, Bisa Jadi Alternatif Wisata Antimainstream

Balkondes Saka Pitu sering digunakan untuk resepsi pernikahan warga desa, pertemuan hingga 40 orang, arisan di taman depan homestay, dan juga foto pre-wedding.

Bangunan joglo di Saka Pitu juga difungsikan sebagai restoran dan tempat berjualan bagi warga, sehingga dapat meningkatkan pendapatan mereka.

Berkat arsitektur Balkondes Saka Pitu yang menarik, kini menjadi salah satu destinasi yang menarik perhatian.

Selain sering dikunjungi oleh warga, Balkondes Saka Pitu juga menjadi favorit bagi para pelintas yang kebetulan melewati balkondes ini. Terlebih lagi, tempat ini sangat cocok untuk foto selfie yang menarik di media sosial.

BACA JUGA:Atlantis Land Surabaya, Surga Wisata yang Menyegarkan di Tengah Cuaca Panas Belakangan Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: