Mencari Jalan Keselamatan dari Fitnah Dajjal

Mencari Jalan Keselamatan dari Fitnah Dajjal

Mencari Jalan Keselamatan dari Fitnah Dajjal--

MAGELANG EKSPRES-Tidak ada fitnah yang lebih besar sampai hari Kiamat dari pada fitnah Dajjal.

Saking dahsyatnya maka Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam menginginkan umatnya agar selamat dari fitnah Dajjal. Dalam hadits-hadits yang shahih, Rasulullah selalu mengingatkan tentang bahayanya fitnah Dajjal serta mencari jalan keselamatan dari fitnah Dajjal.

Ustadz Abdullāh Roy dalam Silsilah Ilmiyyah Beriman Kepada Hari Akhir menjelaskan tentang apa yang dilakukan seorang Muslim agar selamat dari fitnah Dajjal. Seorang Muslim hendaklah mencari jalan keselamatan dari fitnah Dajjal.

BACA JUGA:Tanda-tanda Keluarnya Dajjal dan Keberadaan Dajjal Saat ini

Fitnah Dajjal pasti akan datang. Maka Muslim harus membekali diri dengan ilmu syar'i dalam menghadapi fitnah Dajjal.

Dajjal sekarang ada di sebuah pulau. Thammim Ad-Daari seorang sahabat Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam saat masih beragama Nashrani, dia dan beberapa orang temannya pernah terdampar di pulau tersebut, mereka melihat Dajjal dalam keadaan terikat kuat.

Bahkan sempat terjadi dialog antara mereka dengan Dajjal. Kemudian Thammim mengabarkan pertemuan dan dialog ini kepada Nabi setelah masuk islam dan dibenarkan oleh Nabi  (Hadits Shahih Riwayat Imam Muslim)

Jalan Keselamatan dari fitnah Dajjal :

1. Berusaha mengenal Allah dengan nama-nama dan sifat-sifat-Nya, karena orang-orang yang mengikuti Dajjal adalah orang-orang yang tidak mengenal Allah

2.  Menaati Rasulullah karena Dajjal ketika dikabarkan oleh Thamim Addaari radhiallahu ‘anhu dan kawan-kawannya, bahwasanya Muhammad telah muncul dan menang serta menjadi orang yang ditaati, maka Dajjal mengatakan yang artinya, "Ketahuilah, bahwasanya menaati dia (yaitu Muhammad) adalah lebih baik bagi mereka." (HR. Muslim)

3. Memperbanyak doa ketetapan hati.

ﻳَﺎ ﻣُﻘَﻠِّﺐَ ﺍﻟْﻘُﻠُﻮﺏِ ﺛَﺒِّﺖْ ﻗَﻟْﺒِﻲ ﻋَﻠَﻰ ﺩِﻳﻨِﻚَ

4. Membaca doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wasallam sebelum salam.

ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺇِﻧِّﻲْ ﺃَﻋُﻮْﺫُ ﺑِﻚَ ﻣِﻦْ ﻋَﺬَﺍﺏِ ﺍﻟْﻘَﺒْﺮِ ﻭَﻣِﻦْ ﻋَﺬَﺍﺏِ ﺟَﻬَﻨَّﻢَ ﻭَﻣِﻦْ ﻓِﺘْﻨَﺔِ ﺍﻟْﻤَﺤْﻴَﺎ ﻭَﺍﻟْﻤَﻤَﺎﺕِ، ﻭَﻣِﻦْ ﺷَﺮِّ ﻓِﺘْﻨَﺔِ ﺍﻟْﻤَﺴِﻴْﺢِ ﺍﻟﺪَّﺟَّﺎﻝِ

Sebagian pendahulu kita, dahulu menyuruh anaknya untuk mengulang shlat lagi apabila tidak membaca doa ini ketika shalat.

5. Berusaha menjauh dari Dajjal apabila mendengar tentang kedatangannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: