Indahnya Pesona ke Puncak Merbabu Via Cuntel, Anak Gunung Wajib Tahu

Indahnya Pesona ke Puncak Merbabu Via Cuntel, Anak Gunung Wajib Tahu

Potret Gunung Merbabu dari puncak-eri-Dokumen Pribadi

MAGELANGEKSPRES -- Siapa sih yang nggak tahu Gunung Merbabu? Gunung populer di tanah Jawa ini menjadi gunung favorit untuk dijadikan destinasi pendakian. Salah satu jalur pendakian dengan pesona indah yang bisa kamu lewati adalah jalur Cuntel.

Dilansir dari berbagai sumber, mendaki Gunung Merbabu via Cuntel membutuhkan waktu sekitar 10 jam untuk sampai ke puncak.

Kamu bisa memulai perjalanan pendakianmu di Gunung Merbabu dari Basecamp Cuntel atau Basecamp Manggala (Merbabu Manunggal Pecinta Alam).

Di tempat ini pendaki bisa bermalam atau sekedar menumpang untuk beristirahat sebelum atau setelah melakukan pendakian.

Basecamp Manggala mampu menampung kurang lebih 50-60 Pendaki di dalamnya dan tempat ini memiliki 2 kamar mandi dan 1 dapur.

BACA JUGA:Pendakian Gunung Merbabu Via Selo Genting: Rute Perjalanan, dan Hal Penting Sebelum Mendaki

Basecamp Cuntel memiliki ketinggian 1.864 mdpl yang mana berada di perkampungan warga.

Alamatnya ada di Jl. Umbul Songo KM 3 Desa Cuntel, RT 01 RW 01, Getasan, Kabupaten Semarang. Dari basecamp sampai ke puncak Gunung Merbabu kamu akan menempuh jarak pendakian sejauh 6,43 kilometer.

Menurut beberapa sumber, biaya pendaftaran SIMAKSI Gunung Merbabu via Chuntel ini adalah Rp10.000 hingga Rp20.000 per orang.

Kalau kamu membawa kendaraan, kamu juga bisa memarkirkannya di Basecamp karena memang tempat ini memiliki parkiran yang cukup luas.

Rute ke Puncak Merbabu via Cuntel

Jika kamu ingin mendaki melalui Cuntel, kamu perlu tahu bagaimana jalur pendakiannya sampai ke puncak.

Adapun rute jalur pendakian Cuntel di Gunung Merbabu ini adalah dari Base Camp Cuntel (1.864 mdpl) menuju Pos Bayangan 1 (1.887 mdpl).

Lalu lanjut ke Pos 1 Watu Putut (2.091 mdpl) - Pos 2 Kedokan (2.430 mdpl) - Pos 3 Kergo Pasar (2.589 mdpl) - Pemancar (2.847 mdpl) - Hellipad (2.905 mdpl) - Geger Sapi (3.002 mdpl) - Puncak Syarif (3.119 mdpl) - Puncak Kenteng Songo (3.142 mdpl) - Puncak Triangulasi (3.138 mdpl).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: