Peringati Hari Jadi ke-75, DPRD Purworejo Komitmen Setia Mengemban Amanah

Peringati Hari Jadi ke-75, DPRD Purworejo Komitmen Setia Mengemban Amanah

PEKAN RAYA PURWOREJO. Ketua DPRD Dion Agasi Setiabudi, bersama Wakil Ketua DPRD Kelik Susilo Ardani, Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti, dan jajaran Forkopimda membuka PRP 2023 dengan alunan Gejog Lesung pada Jumat (20/10) malam--

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES - DPRD Kabupaten Purworejo memperingati Hari Jadi yang ke-75 pada 27 Oktober 2023. Mengusung tema "Setia Mengemban Amanah", pada momentum hari jadi tahun ini para anggota dewan berkomitmen untuk terus konsisten mengedepankan kepentingan masyarakat Kabupaten Purworejo.

Ketua DPRD Kabupaten Purworejo, Dion Agasi Setiabudi SIKom MSi, mengemukakan bahwa 75 tahun merupakan usia yang sudah cukup matang sehingga sudah selayaknya DPRD Purworejo menguatkan kesadarannya dalam mengemban amanah masyarakat.

"Setia mengemban amanah itu terjemahannya tentu menjadi sebuah motivasi sekaligus juga harapan bagi diri kita sendiri, selaku anggota DPRD di sisa periode yang tinggal 1 tahun ini harapannya kami tetap konsisten, setia untuk memperjuangkan, membawa apa yang dulu telah kita sumpahkan pada saat dilantik, bagaimana kita mengedepankan kepentingan masyarakat di daerah pemilihan yang kita wakili, sumpahnya dulu seperti itu," kata Dion, saat dikonfirmasi pada Kamis (26/10).

Dion berharap, konsistensi anggota dewan dalam memperjuangkan kepentingan masyarakat tersebut akan tetap terjaga. Terlebih saat ini sudah memasuki tahun politik yang sarat akan kompetisi antarparpol.

"Harapannya amanah ini bisa kita jaga walaupun sebentar lagi kita menghadapi tahun politik, yang akan sangat beririsan dengan persaingan, kompetisi antarpartai politik. Tapi di tengah kompetisi tersebut kita selaku anggota DPRD yang telah tersumpah ini tetap setia mengemban amanah sebagai anggota DPRD," ungkapnya.

Terkait capaian dan kinerja Anggota DPRD, menurut Dion ke depan perlu dibuat sebuah penelitian di setiap daerah pemilihan (Dapil).

Nilai positifnya yakni untuk mengukur capaian, baik dari segi pembangunan hingga sumber daya manusia (SDM).

Penelitian tersebut nantinya bisa menjadi cerminan kinerja para anggota dewan di setiap Dapil. Penelitian tersebut juga dapat menjadi rujukan untuk meningkat kinerja anggota dewan di sektor yang masih belum berkembang.

"Yang mungkin cukup menarik apabila dilakukan penelitian, di mana di Dapil 1 sampai6 soal capaian, ini kan yang belum pernah dilakukan, entah itu capaian pembangunan, pengembangan SDM, dan lainnya," terangnya.

Lebih lanjut Dion menjelaskan bahwa hari jadi ke-75 DPRD tahun ini diisi dengan beragam acara melibatkan sejumlah perangkat daerah dan kalangan masyarakat.

Sebagai pembuka telah berkolaborasi dengan Dinas KUKMP menggelar event Pekan Raya Purworejo pada tanggal 20 – 22 Oktober 2023 di Alun-alun Purworejo.

"Dimana semangatnya untuk menyediakan ruang untuk pelaku UMKM, sekaligus mendorong ada perputaran uang bagi pengusaha UMKM," jelasnya.


PURWOREJO BERSOLAWAT. Ketua DPRD Purworejo, Dion Agashi Setiabudi, memberikan sambutan dalam acara Purworejo bersolawat yang menjadi rangkaian Hari Jadi ke-75 DPRD PUrworejo di Alun-alun Purworejo.--

Rangkaian berikutnya, lanjut Dion, adalah acara Purworejo Bersholawat pada Sabtu (21/10). "Kita ingin meningkatkan keimanan, ketakwaan, dan kecintaan terhadao baginda Rasulullah SAW, supaya masyarakat Purworejo semakin mencintai nabi, meneladani, dan menjadi penyejuk bagi seluruh masyarakat Purworejo," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres