6 Kuliner Tradisional Khas Magelang , Mulai dari Camilan Hingga Makanan Berat

6 Kuliner Tradisional Khas Magelang , Mulai dari Camilan Hingga Makanan Berat

6 Kuliner Tradisional Khas Magelang , Mulai dari Camilan Hingga Makanan Berat--Canva

MAGELANGEKSPRES – Magelang merupakan salah satu daerah yang kaya akan kuliner khas. Ada banyak makanan khas Magelang yang bisa kamu cicipi, mulai dari camilan hingga makanan berat.

Mungkin kamu pernah mencicipi nasi goreng magelangan? Tidak seperti nasi goreng pada umumnya, nasi goreng magelangan menambahkan kondimen mie ke dalam hidangan nasi goreng. Menu tersebut  salah satu dari banyaknya makanan khas Magelang.

Selain nasi goreng magelangan, ini dia kuliner khas Magelang yang wajib kamu cicipi sekali seumur hidup, mulai dari camilan hingga makanan berat

1. Sego Godog

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, sego artinya nasi sementara godog adalah rebus, jadi sego godog pada dasarnya merupakan nasi yang direbus.

Namun, jangan membayangkan hidangan ini akan terlihat seperti bubur. Pada hidangan sego godog, nasi tidak direbus hingga hancur seperti bubur, melainkan hanya direbus sebentar sehingga masih berbentuk nasi.

BACA JUGA:PSHT Gelar Kejuaraan Pencak Silat Tingkat Provinsi Jawa Tengah di Magelang

Ada beberapa bahan lainnya yang dimasukkan ke dalam sego godog, mulai dari sayuran sampai dengan daging. Kuliner ini merupakan salah satu kuliner unik dan nikmat ketika berkunjung ke Magelang.

Sego sodog cocok dimakan atau dihidangkan di malam hari. Hal ini karena kuah yang hangat dan kaldu yang sangat berempah membuat sego godog cocok untuk menghangatkan tubuh.

2. Mangut Beong

Mangut beong merupakan makanan khas yang hanya bisa kamu temui di Magelang. Apa sebenarnya mangut beong? Mangut merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut hidangan yang mirip gulai, akan tetapi kuahnya lebih encer dan memiliki cita rasa pedas.

Biasanya olahan mangut berbahan dasar ikan air tawar. Ada banyak jenis mangut seperti mangut lele, mangut pari, mangut tongkol.

Di Magelang sendiri hidangan mangut yang menjadi ciri khas adalah mangut beong. Beong merupakan nawa ikan yang hanya bisa dijumpai di Magelang. Ikan beong memiliki bentuk seperti lele tetapi memiliki ukuran yang lebih jumbo.

Ikan beong memiliki daging yang lembut dan tebal, menjadikan ikan ini selalu jadi primadona kuliner masakan ikan di Magelang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: